javier-zanetti

El Tractor atau Sang Traktor adalah julukan yang diberikan kepada Javier Zanetti karena kecepatan, fleksibilitas, stamina, serta kemampuannya bermain sebagai bek kanan yang juga dapat membantu penyerangan tanpa mengenal lelah.  Saat ini usia-nya telah memasuki 40 tahun dan telah berkarir selama 20 tahun sebagai pemain sepak bola.  Pemain yang hampir seluruh karirnya dipersembahkan untuk Intermilan ini, masih terlihat tangguh di lapangan, masih sangat taktis dan penuh energi.  Kepada majalah four-four two dia memaparkan beberapa rahasia dari pencapaian menakjubkannya di usia 40.

Dua puluh tahun sebagai pemain profesional, bagaimana cara anda mewujudkannya? Tentunya anda tak bisa mengatakan itu sebuah ‘keberuntungan’

Ya benar itu bukan sebuah keberuntungan, semua itu lebih kepada sebuah “GAIRAH.”  Semangat yang besar untuk bertanding telah memimpinku untuk pencapaian yang tinggi.  Klub dan teman-teman di tim ini selalu menguatkan saya juga, tetapi semua kembali kepada cara berpikir dan rasa cinta saya kepada klub ini.

 

Apakah pengaturan makan & minum berperan penting terhadap pencapaian anda ini?

Mengatur makan dan minum adalah yang terpenting, saya selalu berusaha makan tepat fungsi dan tepat waktu.  Setiap hari saya makan pasta (sejenis mie murni Italia) dengan beberapa bumbu tradisional, tomat, keju, ditambah sedikit minyak olive.  Saya juga suka makan beberapa potong daging sapi yang dilumuri jeruk.  Karena saya seorang Argentina, jadi saya tak bisa hidup tanpa Asado (makanan tradisional Argentina, berupa aneka daging panggang).  Saya sangat beruntung karena sampai saat ini saya tak pernah mengalami masalah dengan lemak di tubuh.

 

Apakah ada jenis latihan khusus yang anda lakukan?

Semakin bertambah umur saya, semakin sering saya bermain dengan memaksimalkan otot punggung.  Saya melakukan latihan perut dan latihan peregangan setiap hari, terutama sejak stadion San Siro mulai menggunakan rumput semi sintetis.  Saya juga sangat suka melakukan latihan peregangan di bagian kaki, bahkan segera melakukannya sehari setelah pertandingan.  Tetapi saya kurang suka melakukan latihan tubuh bagian atas, saya hanya latihan pembentukan lengan dan dada.

Apakah karir anda sebagai pemain sepakbola profesional dapat bertahan sekian lama dikarenakan oleh dukungan soccer science ?

Tentu saja!  Dua puluh tahun yang lalu saya berlatih menggunakan metode konvensional dan sederhana dengan alat yang terbatas dan terkesan klasik.  Seiring dengan perkembangan penelitian sepak bola, semua aspek dapat diefektifkan dan saya menikmati semuanya.  Efektivitas fisik, kematangan mental, transformasi taktik, dan penyempurnaan teknik, semuanya sangat berguna bagi saya dan menunjang keberadaan saya di lapangan sampai saat ini.

Apakah anda merasa nyaman berkarir sekian lama di Intermilan, dan bekerjasama dengan semua orang di sana?

Pelatih mungkin berubah-ubah, tetapi berada di Intermilan sangat menyenangkan.  Semua orang sangat membantu saya di sini, mulai dari manajer, teman-teman pemain, tenaga medis, tukang pijat, fisioterapis dan lainnya, mereka semua adalah yang terbaik.

Berapa lama lagi anda yakin masih dapat berperan sebagai pemain profesional?

Pastinya tidak di tahun ini. Saya akan terus bersama klub ini, sambil mengukur ketahanan fisik dan ketahaan mental saya, kemudian setelah itu saya akan memutuskan waktunya berdasarkan hal-hal tersebut.

 ≡ Dikutip dari four four two

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.