Saat berlangsung sebuah pertandingan sepak bola dan terjadi momen yang mengakibatkan seorang pemain tergeletak di lapangan, biasanya bagian medis dari kesebelasan pemain tersebut akan langsung masuk dan melakukan pertolongan & pemulihan.  Bagian medis yang berperan untuk urusan ini biasanya adalah seorang fisioterapis.  Dengan membawa sebuah tas, seorang fisioterapis akan langsung menghampiri pemain yang tergeletak tersebut dan melakukan pertolongan.  Nah, kira-kira benda-benda apa saja yang wajib berada dalam tas seorang fisioterapis? Dick Mackey, seorang fisioterapis klub Swindown Town menjelaskannya.

Menurut Dick, ada 14 benda yang harus selalu dibawa seorang fisioterapis saat pertandingan.  Benda-benda itu antara lain:

1.       Handuk (Towel)

Benda ini berfungsi untuk mengeringkan keringat, membersihkan luka, dan terkadang dapat berfungsi untuk menahan pendarahan.

2.       Perban (Bandages)

Benda ini berfungsi untuk membalut luka, atau melindungi daerah lebam.  Jika seorang pemain terkena cedera kepala, biasanya perban sangat bermanfaat untuk digunakan membalut area kepala tersebut.

3.       Plester tipis (Underwrap)

Benda ini digunakan untuk memperkokoh dan melindungi pergelangan kaki, tangan, atau bagian-bagian lain yang rawan terhadap gesekan.

4.       Balsem luka (Petroleum jelly)

Benda ini dioleskan di atas luka atau goresan pemain.  Kendala yang sering terjadi adalah saat hanya dioles tanpa ditutup perban,  benda-benda lain dapat mudah menempel pada bagian luka yang diolesi balsem ini.  Untuk itu, saat menggunakan balsem ini usahakan ditutup dengan perban.

4 first

5.       Sarung tangan steril (medical gloves)

Saat menangani seorang pemain tangan fisioterapis harus dalam kondisi steril, untuk itu wajib menggunakan sarung tangan steril.  Di samping itu, seorang fisioterapis harus melindungi dirinya dari penyebaran penyakit lewat darah.  Seperti kita ketahui bahwa kasus berdarah di lapangan sering dialami pemain, darah pemain yang bermacam-macam akan memungkinkan menularnya penyakit seperti hepatitis B dan sebagainya. Untuk itu sarung tangan steril wajib digunakan seorang fisioterapis, dan hal ini juga sesuai ketentuan FIFA.

6.       Plester pita (Tape)

Hampir sama seperti underwrap, benda ini bermanfaat untuk memperkokoh dan mengikat pergelangan.  Pemain sepakbola biasanya suka menggunakan benda ini untuk mengikat shinpads, jari, pergelangan tangan & kaki.

7.       Air bilas (Water)

Benda yang satu ini  fungsinya antara lain untuk mencuci luka, membersihkan wajah dan bagian-bagian yang menghambat pergerakan pemain, dan terkadang digunakan untuk menyiram kepala agar terasa segar.

567 next

8.       Air minum botol (Drinking water)

Setap pemain pasti sangat membutuhkan tambahan cairan, sehingga benda yang satu ini wajib ada saat fisioterapis memasuki lapangan.  Tidak jarang kita melihat pemain kedua kesebelasan menghampiri tas fisioterapis untuk mengambil air.

9.       Selang udara (Airway)

Benda ini digunakan untuk pertolongan pertama saat pemain tak sadarkan diri atau semaput di lapangan. Sejenis selang transparan yang dimasukan ke mulut atau hidung pemain agar dapat mudah bernapas. Untuk memancing proses pernapasan biasanya disambungkan ke tabung oksigen.

10.   Kapas penyumbat (Cotton Plugs)

Benda yang satu ini juga sangat penting, karena dapat digunakan untuk menyumbat pendarahan hidung atau telinga.  Di samping itu, untuk mengoleskan balsem luka biasanya benda ini digunakan juga.

11.   Aromaterapi garam (Smelling salts)

Benda ini berfungsi saat pemain mengalami pusing atau tiba-tiba pingsan.  Aromaterapi garam akan membantu untuk membuat pemain sadar kembali.

8tl11

12.   Lensa kontak (Contact lenses)

Benda ini sebenarnya hanya untuk antisipasi jika pemain kehilangan lensa kontak di lapangan. Akan tetapi kebanyakan pemain sepakbola memiliki penglihatan yang cukup normal sehingga benda ini sangat jarang digunakan.

13.   Obat gosok untuk pernapasan (Vapour rub)

Biasanya pemain suka mengoleskan benda ini di dada mereka karena membantu untuk bernapas lebih lega.

14.   Bantalan es (Ice)

Kompres bantalan es sangat berguna untuk cedera.  Es batu berfungsi untuk mengurangi inflamasi atau peradangan yang memicu kondisi bengkak.

finale

Jadi, sekarang saat kita menonton sepakbola tentunya kita tidak akan bingung menebak-nebak apa yang ada di tas seorang fisioterapis.  Jika kita seorang pemain sepak bola, kita dapat memanfaatkan salah satu dari ke-empatbelas benda di atas saat bertanding.  Jika kita seorang fisioterapis, tentunya kita dapat memperlengkapi tas kita dengan benda-benda di atas, atau kita memiliki tambahan benda-benda wajib yang biasanya kita bawa, mungkin dapat dibagikan kepada pembaca arahbola.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.