Teknik dasar permainan sepakbola sangat beragam, dan semua pemain sepak bola diharuskan dapat memahami dan menguasainya. Secara konseptual teknik sepak bola dibagi menjadi dua, yaitu teknik menyerang dan teknik bertahan. Apa yang dimaksud dengan teknik menyerang dan teknik bertahan?  Teknik menyerang adalah kemampuan pemain ketika mengusai bola.sedangkan teknik bertahan merupakan kemampuan pemain ketika bola dalam penguasaan lawan.

Dalam praktiknya, teknik menyerang dan teknik bertahan sangat bervariasi.  Pemain dengan posisi sebagai striker pun harus dapat menguasai teknik bertahan, begitu juga seorang defender harus mampu menguasai teknik menyerang dengan baik, sehingga pada akhirnya pemain sepak bola dengan posisi apa pun harus menguasai teknik menyerang dan teknik bertahan dengan baik.  Berikut merupakan teknik-teknik dasar menyerang dalam permainan sepak bola.

Passing dan Receiving Ball 

– Dribbling

Shooting

– Heading

– Ball Control

Pelatih dapat mengembangkan kemampuan pemainnya dengan variasi teknik dasar menyerang lainnya ketika dirasa pemain telah menguasai coaching point lima teknik dasar tersebut.  Variasi yang dapat dikembangkan antara lain:

– Speed Dribbling

 – Turning

 – 1 v 1 Attacking

– Shielding the ball

–  Receiving to turn

– Crossing and Finishing

Teknik dasar bertahan tidak kalah pentingnya dengan teknik dasar menyerang, teknik bertahan yang efektif akan memudahkan pemain dalam menghalau serangan lawan maupun dapat dengan cepat mengambil alih penguasaan bola dari lawan. berikut macam-macam  teknik dasar bertahan dalam permainan sepak bola:

– 1v1 Defending

–  Body Shape

– Anticipation

–  Reaction

– Intercept

–  Prevent opposite

– Tackling

 

Referensi:

Timmo Scheunemann (PSSI), Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia.  2012.  

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.