Dalam pelatihan sepakbola ada unsur-unsur fundamental yang harus diperhatikan oleh para pelatih untuk menciptakan sebuah tim yang baik.  Unsur-unsur fundamental tersebut antara lain:

fundamental pelatihan sepakbola

Pertandingan

Tujuan utama dari kegiatan pelatihan adalah untuk mempersiapkan pemain menghadapi pertandingan atau kompetisi sepak bola.   Pertandingan sepak bola dapat menunjukkan dengan jelas perkembangan dari pemahaman taktik, kemampuan teknik, kebugaran fisik, dan kesiapan mental pemain.

Pemahaman Taktik

Unsur ini menolong pemain untuk dapat mengerti keberadaan & perannya di dalam tim.  Tujuan utamanya adalah menciptakan pemain-pemain cerdas, yang mampu untuk beradaptasi dengan segala macam kondisi atau perubahan keadaan yang terjadi terus-menerus dalam pertandingan.

Kemampuan Teknik

Setiap pemain di dalam sebuah tim harus memiliki kompetensi dan keahlian individu untuk setiap posisi yang akan ditempati.  Sebagai contoh, seorang striker murni pasti membutuhkan teknik dan keahlian individu yang berbeda jika dibandingkan dengan seorang bek tengah. Teknik menyerang dan teknik bertahan merupakan teknik dasar dalam sepakbola yang harus dilatih secara terus menerus.

Kebugaran Fisik

Pemain yang kuat dan tahan lama akan memberikan keuntungan berharga bagi tim.  Pemain yang mudah kelelahan tidak dapat berkonsentrasi pada permainan dan akan sering membuat kesalahan di lapangan.  Fisik pemain dapat menjadi faktor penentu dalam pertandingan sepak bola. Pemain dengan kebugaran fisik akan meminimalkan terjadinya cedera pada saat pertandingan.

Kesiapan Mental

Setiap manusia pasti memiliki emosi pribadi.  Pemain harus dilatih untuk mengatur emosi pribadi untuk hal yang benar dan menjadi kekuatan bagi mereka, serta mengurangi dampak negatif yang akan muncul dari kesalahan penggunaan emosi.

Referensi:

1. Timmo Scheunemann (PSSI), Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia. 2012.

2. LA84, Foundation Soccer Coaching Manual.  2012.

3. Javier Perez, U.S. Soccer Coaching Curriculum.  2012.

≡ Gambar dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.