Keren, menakjubkan dan efektif.  Mungkin ketiga kata tersebut sangat pas digunakan untuk mewakili benda yang satu ini.  Kacamata latihan Nike SPARQ adalah salah satu benda canggih yang dibuat untuk membantu pemain sepak bola dalam mengintegrasikan penglihatan, kerja otak, dan pergerakan badan.

sparq gabung

Tampilan NIKE SPARQ VAPOR STROBE

Filosofi sederhana digunakan dalam penciptaan alat ini, yaitu jika saat berlatih seorang pemain sepak bola diberikan masalah yang lebih susah dibandingkan saat pertandingan, maka diyakini pemain akan lebih mudah menghadapi pertandingan tersebut.  Pandangan pemain dibatasi oleh kerja kacamata ini, sehingga penglihatan pemain tidak dapat optimal.  Efek buta total dan buram diciptakan terhadap penglihatan pemain. Di saat yang sama, pemain harus melakukan latihan rutin seperti mengumpan, kontrol, menggiring, ataupun melakukan tembakan ke sebuah target.  Dengan menggunakan teknologi cairan Kristal, SPARQ dapat berkedip dan menciptakan gambaran sangat jelas ataupun buram.  Hal tersebut memicu otak pemain untuk menciptakan gambaran tersendiri untuk menunjang reaksi pemain.  Dengan kata lain, efek buram SPARQ meningkatkan waktu sigap pemain di saat pergantian antara penglihatan yang jelas dan buta, dapat sekaligus melatih otak untuk mengantisipasi dengan cepat dalam membuat gambaran tersendiri, saat pemain harus segera melakukan gerakan selanjutnya.

sparq 5

Para pemain saat berlatih menggunakan SPARQ

Cara berlatih dengan menggunakan kacamata ini cukup sederhana.  Langkah pertama, pemain diberikan kesempatan untuk melakukan latihan-latihan umum yang sering dilakukan seperti biasanya tanpa menggunakan kacamata.  Selanjutnya, dengan menggunakan kacamata ini pemain melakukan latihan serupa dengan beberapa level kecepatan berkedip yang dapat diatur pada sisi kacamata.  Setelah itu langkah akhir, pemain melakukan latihan yang sama tanpa kacamata. 

Beberapa skill pemain dapat terasah saat berlatih dengan SPARQ, antara lain:

1. Kemampuan untuk fokus

Dengan SPARQ, pemain akan lebih berkonsentrasi saat melakukan pergerakan seperti menendang atau mengontrol bola, karena level konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan di sini.

2. Skill ketepatan waktu

Pemain akan lebih terlatih untuk bereaksi lebih cepat, presisi, dan akurat saat bola datang menuju ke arahnya.

3. Fantasi atau gambaran khayal

Di saat kondisi tidak dapat melihat, fantasi atau gambaran khayal akan diciptakan oleh otak pemain untuk membantu pergerakan badan saat bereaksi terhadap bola atau pergerakan selanjutnya.  Hal ini tentunya akan sangat mengasah kemampuan otak pemain.

4. Kecepatan bereaksi

Pemain akan berlatih untuk memikirkan secepat mungkin dan bergerak secepat mungkin dalam kondisi penglihatan yang terbatas.

5.   Keseimbangan

Penglihatan yang terganggu akan memengaruhi keseimbangan seorang pemain. Kemampuan mengatur stabilitas tubuh dalam kondisi penglihatan yang tidak optimal akan membuat pemain kuat dalam segala kondisi

6.   Deteksi gerakan

Pemain akan semakin mudah mendeteksi datangnya bola atau pun mengetahui pergerakan lawan.

kacamata nike 7

Seorang pemain saat mencoba SPARQ

Melatih indra pemain adalah salah satu cara dalam mempersiapkan pemain yang berkualitas, kata Paul Winsper SPARQ Performance Director. SPARQ dibuat agar pemain dapat melatih indra dan fisik secara bersamaan.  Filosofi latihan ini telah terbukti untuk banyak pemain sepak bola profesional.  Untuk itu, akan selalu dikembangkan alat-alat canggih di masa depan yang dapat digunakan untuk melatih indra pemain sepak bola.

“Setelah melepas kacamata ini, bola terlihat lebih besar dan yang lebih menarik adalah pergerakan bola yang terasa lebih lambat”

-Wayne Rooney-

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.