Dasar dari sebuah pembinaan yang berkualitas meliputi tiga hal yang saling terkait, yaitu program yang sistematis, pembina, pelatih atau mentor yang berkualitas dan fasilitas dan faktor pendukung yang baik.

sistem

FASILITAS DAN FAKTOR PENDUKUNG

  • Lapangan yang memadai merupakan faktor penting dari pembinaan yang benar. jika pelatih memiliki lapangan kecil maka dapat menggunakan lapangan tersebut untuk tim U12, U10, dan U8 dengan bermain 5 v 5 dan 7 v 7. Sedangkan pemain 12 tahun ke atas harus nermain dengan lapangan besar sesuai standar FIFA.
  • Orang tua harus memiliki pengetahuan akan gizi dan dengan disiplin yang tinggi mengkonsumsi makanaan dan minuman yang dapat meningkatkan kondisi fisik pemain secara signifikan
  • Peran orang tua sangat penting dalam memberi dukungan pada anak-anak sehingga mereka dapat termotivasi dengan baik dan tidak tertekan dalam berlatih.
  • Pembinaan yang berkualitas harus disertai dengan berjalannya kompetisi secara tutin dan berjenjang, sehingga evaluasi pemain dapat terus berjalan dan dapat ditingkatkan.
  • Pembatasan jumlah pemain dalam setiap latihan sangat penting, tidal terlalu banyak sehingga pelatih dapat fokus pda perkembangan pemainnya, dan dapat memberikan evaluasi secara baik kepada anak didiknya
  • Perlengkapan latihan yang baik dan lengkap akan membantu proses latihan secara signifikan. Perleengkapan tersebut antara lain cones, Bola degan jumlah yang banyak, kostum atau rompi, gawang kecil, dll.

 

Referensi:

Scheunemann, Timo.  Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia.  PSSI, 2012. 


Seri Basic Coaching – Sistem Pembinaan Yang Berkualitas:

  1. Pelatih Yang Berkualitas
  2. Fasilitas dan Faktor Pendukung Yang Berkualitas
  3. Program Pembinaan Yang Sistematis

 

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

2 Comments

    Leave a Comment

     




     

     
     
    Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.