Salah satu jenis tendangan mematikan yang seringkali digunakan striker kelas atas dalam mencetak gol adalah bicycle kick. Jenis tendangan ini memanfaatkan momentum kaki saat melompat di udara sehingga menghasilkan kekuatan tendangan yang besar. Bagi pemain yang melakukan jenis tendangan ini dengan arah bola yang tepat akan menghasilkan gol yang indah dan fenomenal. Tendangan ini dinamakan bicycle kick karena saat melakukannya pemain terlihat seperti seakan-akan sedang mengayuh sepeda di udara. Pada sepak bola terdapat tiga jenis bicycle kick yaitu forward bicycle kick, side bicycle atau sering dikenal dengan scissor kick atau tendangan gunting, serta yang paling sulit dilakukan adalah overhead bicycle kick atau overhead kick.

1. Forward bicycle kick

Jenis bicycle kick ini dilakukan dengan cara berlari, kemudian melompat, mengayunkan kaki bantuan ke arah bola kemudian menendang bola menggunakan kaki tendang ke arah depan. Bola yang datang biasanya berasal dari umpan silang atau lambung yang jatuh di depan pemain yang melakukan tendangan ini. Saat menendang posisi badan penendang berhadapan langsung dengan gawang dan seakan-akan sedang berjalan di udara. Salah satu contohnya adalah tendangan yang dilakukan Paolo Di Canio saat mencetak gol ke gawang wimbeldon di tahun 2000.

 

Link Youtube : Forward Bicycle Kick Paolo di Canio

2. Side bicycle kick (scissor kick)

Jenis bicycle kick ini dilakukan dengan cara memposisikan badan tegak lurus ke arah datangnya bola dari umpan silang atau lambung, kemudian melompat dan mengayunkan kaki bantuan ke arah datang bola sambil badan diposisikan menyamping ke arah gawang. Kaki tendang kemudian menyambut bola sambil diarahkan ke gawang. Setelah menendang pendaratan di lapangan dilakukan dengan salah satu sisi badan dengan sedikit bantuan tangan. Salah satu contohnya adalah tendangan yang dilakukan Kevin Prince Boateng berikut.

Link Youtube : Side Bicycle Kick Boateng

3. Overhead bicycle kick

Jenis bicycle kick yang paling sulit dilakukan adalah overhead bicycle kick, karena disamping memerlukan penentuan ketepatan waktu, teknik melompat, menendang, serta mendarat perlu dilakukan dengan benar untuk menghindari cedera. Pemain akan mencoba meraih titik tertinggi yang mampu dijangkau kakinya saat dia melompat ke udara sambil membelakangi target tendangnya. Posisi kepala dan badan akan berada dibawah posisi kaki yang melayang di udara, sehingga saat pendaratan harus tepat. Jenis tendangan ini pertama kali dipelopori oleh Pele dan pemain yang pernah melakukan tendangan ini dengan sangat indah adalah zlatan Ibrahimovic dengan goal spektakulernya ke gawang Inggris dari jarak sekitar 30m.

Link Youtube : Overhead Bicycle Kick Ibrahimovic

Bicycle kick selain untuk mencetak gol juga berfungsi untuk melakukan tendangan penyelamatan seperti yang dipraktekan oleh beberapa bek. Sebagai seorang striker adalah mutlak untuk terus berlatih menguasai teknik tendangan ini, karena akan sangat bermanfaat untuk mencetak gol. Sedangkan sebagai seorang defender juga wajib berlatih teknik tendangan ini karena akan sangat bermanfaat untuk melakukan tendangan penyelamatan di depan gawang. Hal yang perlu diperhatikan adalah karena jenis tendangan ini beresiko cedera terhadap diri sendiri ataupun pemain lawan maka saat melakukan harap mempertimbangkan faktor keselamatan.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.