Wanita bermain sepakbola? mungkin sampai saat ini masih ada orang yang menganggapnya aneh karena permainan ini adalah permainan kaum pria. Tetapi tidaklah demikian, sepakbola adalah olahraga universal dan telah menembus batas gender, bisa dimainkan oleh pria ataupun wanita. Berikut adalah 11 pemain sepakbola wanita fenomenal yang mengubah wajah sepakbola dunia.

 

1. Goalkeeper – Hope Solo (USA)
Salah satu kiper terbaik yang dimiliki dunia adalah Hope Solo. Wanita asal Amerika Serikat ini sangat piawai dibawah mistar gawang. Berbagai penyelamatan gemilang dilakukan oleh kiper yang memiliki tinggi 1,75 m ini. Awalnya Hope Solo bukanlah seorang kiper karena saat bersekolah di Richland High School Hope bermain sebagai seorang penyerang, mencetak 109 gol, dan memenangi 3 kali liga antar sekolah. Tetapi saat berkuliah di University of Washington Hope berubah posisi dari seorang penyerang menjadi kiper atas arahan dari pelatihnya yang adalah mantan kiper timnas Amerika Serikat Amy Griffin. Dan mulai dari saat itu Hope Solo bertransformasi menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Amerika Serikat. Tercatat bersama Hope Amerika berhasil meraih Medali Emas Olimpiade sebanyak 2 kali di 2008 dan 2012, menjadi Juara dua di Piala dunia 2011, dan menjadi Juara Dunia untuk yang ketiga kalinya di tahun 2015.

 

2. Center back – Joy Fawcett (USA)
Jika di sepak bola pria kita mengenal nama Franco Baresi maka di sepak bola wanita ada Joy Fawcett. Wanita ini adalah sosok pemain bertahan kokoh yang sangat sulit ditembus oleh para penyerang lawan. Dengan tinggi yang hanya 1,65m Joy sangat tangguh dalam menutup pergerakan lawan, duel-duel udara, serta mengorganisir pertahanan bersama tandemnya Carla Overbeck di timnas Amerika Serikat. Joy juga adalah salah satu skuad Amerika Serikat yang berhasil memenangkan gelar Piala Dunia pertama mereka. Sejak tahun 1987 – 2004 Joy memperkuat Tim Nasional Amerika Serikat dan mempersembahkan gelar Juara Dunia di tahun 1991 dan 1999, serta memenangkan medali emas olimpiade tahun 1996 dan 2004. Hal menarik lainnya adalah dalam 239 kali memperkuat Tim Amerika Serikat Joy juga mencetak 27 gol.

 

3. Right back – Linda Medalen (NOR)
Linda Medalen adalah pemain bertahan asal Norwegia yang tangguh. Pada tahun 1995 Medalen termasuk dalam skuad Norwegia yang memenangi Piala Dunia. Awal karir Medalen adalah sebagai seorang striker, tetapi kemudian Medalen berubah posisi sebagai seorang pemain bertahan atas saran dari beberapa pelatihnya. Medalen terkenal tenang dan pandai membaca pergerakan lawan, dengan tinggi 1,67 m Medalen mengandalkan permainan tanpa kenal lelah untuk menutup ruang di daerah pertahanan tim nya. Hal yang menarik dari Medalen adalah selain sebagai seorang pemain sepak bola ternyata Medalen adalah seorang Polisi di negaranya Norwegia. Medalen tampil sebanyak 152 kali untuk Norwegia dan mencetak 64 gol.

 

4. Left back – Kadeisha Buchanan (CAN)
Pemain Kanada ini adalah salah satu pemain muda di posisi bertahan yang cukup fenomenal. Kadeisha bergabung di tim Kanada saat usianya baru menginjak angka 17 tahun. Nikki izzo salah seorang pelatihnya berkata demikian “Buchanan adalah seorang jenius, dia mampu memimpin, dia tahu kebutuhan teman-teman lainnya di dalam tim, dia mengarahkan, bahkan dapat dikatakan dia adalah pemimpin orchestra di lapangan hijau. Pelatih akan selalu membutuhkan figur pemimpin di dalam tim dan hal tersebut dapat ditemukan dalam diri Buchanan”. Bersama tim nasional Kanada Buchanan mengikuti Piala Dunia 2015 dan menerima penghargaan sebagai Best Young Player, Buchanan juga masuk dalam FIFA’s All-star team. Saat ini Buchanan bermain bersama tim besar Olympique Lyonnais dan terus menunjukan perkembangan yang luar biasa.

 

5. Holding midfielder – Birgit Prinz (GER)
Jerman adalah satu-satunya negara yang tim putra maupun tim putrinya pernah meraih gelar Piala Dunia. Hal ini tidak terlepas dari budaya sepak bola yang telah mengakar di negeri tersebut dan pola pembinaan pemain yang tertata rapi. Salah satu produk sepak bola Jerman yang istimewa adalah Brigit Prinz. Pada usia 16 tahun Prinz bertanding untuk tim nasional Jerman melawan Kanada, masuk di menit 72 berselang 17 menit Prinz langsung mencetak gol kemenangan untuk tim Jerman. Setahun setelah peristiwa tersebut Prinz bersama tim Jerman mengangkat Piala Eropa 1995, dan di tahun yang sama Prinz bersama tim Jerman menjadi Runner Up Piala Dunia 1995. Prinz adalah tipikal striker yang tangguh dengan tinggi 1,79m, tetapi Prinz juga dapat bermain di posisi gelandang. Kemampuan shooting terukur jarak jauh, mengumpan dengan tepat, serta tangguh saat duel fisik membuat Prinz sangat sulit dijaga oleh pemain bertahan lawan. Bersama Prinz tim Nasional Jerman berhasil mengangkat Piala Dunia untuk pertama kalinya di tahun 2003, dan empat tahun kemudian mereka berhasil lagi juara di Piala Dunia 2007. Berkat bakat diatas rata-rata pemain wanita, pada tahun 2003 Luciano Gaucci presiden Tim Perugia yang bermain di Serie A Italia menawarkan Prinz untuk bermain di tim tersebut. Hal ini tentu saja menggemparkan dunia sepak bola, karena Prinz akan menjadi wanita pertama yang bermain di tim Pria di liga nomor satu di dunia saat itu. Akan tetapi penawaran tersebut ditolak oleh Prinz dengan beberapa pertimbangan. Prinz adalah pemain terbaik dunia versi FIFA di tahun 2002, 2003, dan 2004. Pada usia 34 tahun Prinz berhenti sebagai pemain sepak bola dan saat ini Prinz berprofesi sebagai Sport Psychologist di beberapa klub sepak bola Jerman.

 

6. Attacking midfielder – Homare sawa (JPN)
Captain Tsubasha adalah cerita pahlawan sepak bola Jepang fenomenal di dunia komik, tetapi Homare sawa adalah kisah sesungguhnya dari pahlawan sepak bola Jepang di dunia nyata. Sawa bermain sepak bola sejak usia 6 tahun, pada usia 15 tahun sawa memulai debut untuk memperkuat Tim Nasional Jepang dan langsung mencetak 4 gol ke gawang Filipina. Dengan tinggi 1,65m sawa adalah pemain lincah yang dapat bermain sebagai gelandang atau penyerang. Stamina yang tangguh dan penguasaan bola yang sempurna membuat Sawa dapat mengendalikan permainan timnya dan mempermudah pergerakan rekan-rekannya. Sawa adalah satu dari dua pemain wanita di dunia yang tampil dalam 6 Kali edisi piala dunia (1995 – 2015). Dan hal yang paling membanggakan bagi Sawa dan Jepang adalah menjuarai Piala Dunia pada tahun 2011. Sawa menjadi bintang kemenangan Jepang pada pertandingan tersebut dengan mencetak gol penyeimbang di babak perpanjangan waktu yang menjatuhkan mental tim tangguh Amerika Serikat. Alhasil pada adu penalty tim Jepang menang 3-1 atas Amerika Serikat dan Jepang menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengangkat Piala Dunia. Pada tahun 2012 sawa dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2011.

7. Right wing midfielder – Abby Wambach (USA)
Mary Abigail Wambach adalah pemain sepak bola asal Amerika Serikat yang merupakan pemegang rekor dunia untuk gol terbanyak di Tim Nasional. Tercatat Abby mencetak 184 gol selama bermain untuk Tim Amerika Serikat, dan rekor ini adalah yang tertinggi di kategori putra maupun putri. Abby terkenal dengan gaya bermainnya yang kreatif di lapangan, teknik menendang yang sempurna, penyelesaian akhir yang indah, diving header yang fenomenal, serta fisik yang tangguh. Abby adalah pemain terbaik dunia tahun 2012 dan bersama Amerika Serikat Abby memenangi piala dunia tahun 2015. Pada tahun 2015 Abby juga masuk dalam kategori 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah time.

 

 

8. Left wing midfielder – Wiwi (INA)
Wiwi Hadhi Kusdarti atau dengan nama lain Wiwi ‘Mace’ Kusdarti adalah salah satu wanita Indonesia yang berani menjadi pemain sepak bola di saat wanita masih sangat tabu untuk memainkan permainan ini di Indonesia. Di tahun 1969 wiwi yang telah berusia 29 tahun mencoba untuk membentuk tim sepak bola wanita Indonesia di Bandung. Tim tersebut kemudian terbentuk berkat bantuan dari beberapa penggiat sepak bola dan diberi nama Tim Sepak Bola Putri Priangan. Tercatat ada sekitar 15 pemain sepak bola wanita yang tergabung dalam klub tersebut dan mereka sempat bertanding melawan tim asal Malaysia dan Singapura. Pada saat itu banyak pihak yang mengecam dan mengolok mereka karena wanita Indonesia kok bermain sepak bola dan menggunakan celana pendek, tetapi semangat wiwik dan kawan-kawan tak pernah padam dan menjadi cikal bakal lahirnya budaya bermain sepak bola untuk wanita di Indonesia. Wiwi tidak memiliki prestasi besar di kejuaraan sepak bola wanita dunia, tetapi prestasi wiwik adalah menjadi kartini di lapangan hijau yang mampu mendobrak dan mempelopori kebangkitan sepak bola wanita di Indonesia.

 

9. Left forward – Sun Wen (CHN)
Spesialis tendangan bebas adalah julukan untuk Sun Wen asal China. Dia adalah salah satu pemain terbaik dunia yang mampu melakukan tendangan-tendangan fenomenal. Sejarah mencatat bahwa Piala Dunia Wanita pertama kali digagas di negeri tirai bambu, dan sejak awal China telah menjadi negara yang memiliki banyak pemain wanita berbakat di sepak bola wanita, salah satunya adalah Sun Wen. Sejak usia 10 tahun Sun Wen telah belajar bermain sepak bola bersama sang ayah. Seiring berjalannya waktu Sun berkembang menjadi striker fenomenal dengan kemampuan tendangan keras terarah, pintar dalam mengorganisir penyerangan, pergerakan yang tak kenal lelah, dan umpan terukur yang sangat akurat. Gol-gol yang diciptakan Sun Wen tidak hanya banyak dari segi jumlahnya, tetapi juga merupakan gol-gol indah dan berkualitas. Pada Piala Dunia 1999 Sun Wen menjadi Pemain terbaik sekaligus Pencetak Gol terbanyak yang merupakan prestasi luar biasa walaupun Tim China harus kalah di babak final. “Madonna in a shirt” adalah julukan yang diberikan oleh fans Sun Wen di seluruh dunia, sementara di China julukan yang diberikan untuknya adalah “Steel Rose”, kedua julukan ini sangat menggambarkan Sun Wen yang adalah pencetak gol cantik dengan kegigihan yang tak pernah padam.

 

10. Right forward – Mia Hamm (USA)
Mia Hamm adalah striker Tim Nasional Amerika yang berhasil mengangkat Piala Dunia sebanyak dua kali yaitu di tahun 1991 dan 1999. Di depan gawang Mia sangat fenomenal dan mampu mencetak gol dengan berbagai cara. Mia adalah pemain yang sangat atletis, dinamis, dan memiliki bakat sebagai seorang striker yang sempurna. Kecepatan, skill, gerak kaki, stamina, penguasaan bola, dan ketenangan di lapangan semuanya terangkum jadi satu dalam diri Mia. Disamping itu Mia adalah pemain yang sangat mementingkan permainan tim, dalam beberapa kali kesempatan mencetak gol Mia malah mengumpan ke temannya untuk mencetak gol. Hal yang unik juga dari Mia adalah saat bermain dan timnya kehilangan bola Mia sering membantu pertahanan sebagai defender atau terkadang menjadi pemain tengah. Berkat kegemilangannya di tahun 2004 Mia masuk dalam 125 Greatest Living Soccer Players dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik dunia sebanyak 2 kali di tahun 2001 & 2002.

 

11. Center forward – Marta (BRA)
Menari dengan bola di lapangan hijau adalah hal yang sering dilakukan pemain – pemain putra Brazil. Nama-nama seperti Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Coutinho mungkin sudah tidak asing bagi pencinta sepakbola. Tetapi bagaimana jika ada pemain sepak bola wanita yang melakukan tarian-tarian dengan bola tersebut? Flamboyan dan Artistik, mungkin itu adalah sebutan yang paling pas untuk Ratu Sepakbola asal Brazil ini dialah Marta Vieira da Silva. Kemampuan Marta diatas rata-rata pemain sepakbola wanita dan bahkan melebihi beberapa pemain pria, dengan kecepatan kaki, keseimbangan yang sempurna, gerakan dan tarian unik, marta mampu melewati beberapa lawan sekaligus. Kemampuan lainnya juga adalah cara menggiring bola yang sangat rapi dengan timming yang sempurna membuat bola seakan-akan tak mau pindah dari kakinya. Kaki terkuat marta adalah kaki kirinya dan dengan kaki tersebut Marta juga dapat melesatkan bola dengan keras ke gawang. Oleh Pemain Legendaris Pele, Marta diberi julukan “Pele in skirts” karena memang permainan yang ditunjukan Marta sangat berbeda. Marta mendapat penghargaan pemain sepak bola wanita terbaik dunia sebanyak 5 kali dari tahun 2006 – 2010, dan merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia sepanjang masa dengan 15 gol. Satu-satunya hal yang belum tercapai dari Marta adalah mengangkat Piala Dunia bersama Tim Nasional Brazil.

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.