Dalam permainan sepak bola sering kita menemukan seorang pemain melakukan tackle untuk merebut bola dari pemain lawan atau mengamankan bola. Untuk dapat melakukan tackle dibutuhkan pembelajaran khusus terhadap teknik dasar dan memerlukan jam bertanding yang tinggi agar dapat menyempurnakan skill tersebut. Jika tackle dilakukan dengan salah maka akan menyebabkan pelanggaran dan sangat mungkin mendapatkan peringatan atau bahkan kartu kuning dan merah dari wasit. Terdapat 5 jenis tackle diantaranya adalah Block Tackle, Slide Tackle, Poke Tackle, The “Hook” Tackle, Recovery Tackle.

Block Tackle

Tackle jenis ini adalah tackle yang terjadi ketika dua orang pemain berdiri berhadapan saling bertemu kemudian sama-sama menendang dan menahan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Dalam menahan bola tersebut biasa nya salah satu pihak akan kehilangan bola karena tidak mampu menahan bola lebih lama. Dibutuhkan teknik khusus saat menjadi pemain yang menguasai bola dalam mempertahankan bola, atau pemain yang merebut bola kemudian mempertahankan bola tersebut.

Block tackle

Slide Tackle

Jenis tackle ini adalah yang paling indah untuk dilihat jika dilakukan dengan benar tanpa pelanggaran. Hal ini dikarenakan sebagian besar pemain ketika melakukan teknik ini selalu berakhir dengan adanya kaki lawan yang ditendang bukan bola. Teknik ini dilakukan saat pemain saling berhadapan atau menyamping kemudian pemain yang akan merebut bola menjatuhkan badan sambil menebas atau menendang bola kearah yang aman. Dibutuhkan ketepatan waktu pemain saat memutuskan untuk menjatuhkan badan dan di saat mengayunkan kaki untuk tackle. Jika terlambat sepersekian detik maka akan berakhir pada pelanggaran.

Slide Tackle

Poke Tackle

Jenis tackle ini dilakukan saat pemain berdiri berhadapan dengan lawan atau pemain berada dibelakang lawan dan ketika itu terdapat celah kecil diantara kaki pemain lawan serta bola yang dikuasai lawan tidak terlalu dekat dengan kaki mereka, maka pemain dapat memasukan kaki atau dari samping kaki lawan tersebut untuk menyentuh bola dengan ujung kaki agar terlepas dari penguasaan. Bola tersebut dapat disentuh ke arah teman satu tim atau keluar lapangan atau ke daerah yang dapat pemain tersebut rebut bolanya. Saat melakukan poke tackle pemain juga dapat sambil menjatuhkan badan agar jangkauan kaki dapat lebih panjang dan maksimal.

Poke Tackle

The “Hook” Tackle

Jenis tackle ini adalah variasi dari teknik slide tackle dimana bola yang direbut dikait bukan ditebas atau ditendang seperti slide tackle. Pemain dalam posisi sejajar menyamping atau agak dibelakang menyamping menjatuhkan badan diwaktu lawan sedang menguasai bola, kemudian di waktu yang tepat menjatuhkan badan sambil mengaitkan, merebut, kemudian menguasai bola tersebut. ketepatan waktu dalam mengkaitkan kaki ke bola menjadi hal yang sangat penting karena jika terlalu cepat atau terlambat maka akan beresiko bola tersebut lepas atau menghasilkan pelanggaran.

The Hook Tackle

Recovery Tackle

Mungkin kita pernah melihat seorang penyerang berlari dengan bola di depan pemain bertahan dan menuju ke arah penjaga gawang sendirian. Peluang untuk mencetak gol terbuka lebar karena tersisa penjaga gawang yang berdiri tanpa pengawalan pemain bertahan dan tiba-tiba pemain bertahan datang dari belakang kemudian menebas bola dengan keluar lapangan atau menyentuh bola agar lepas dari penguasaan penyerang tersebut. Jenis tackle ini yang dinamakan recovery tackle. Dibutuhkan tingkat keberanian yang tinggi serta ketepatan waktu untuk melakukan tackle jenis ini, karena jika salah melakukan dan terjadi pelanggaran maka berakibat pemain bertahan tersebut diberikan kartu merah oleh wasit karena termasuk dalam pelanggaran dari belakang terhadap penyerang yang berpotensi menciptakan gol.

Recovery Tackle

Disamping kelima jenis tackle tersebut terdapat dua jenis tackle yang dilarang penggunaannya karena sangat berpotensi mencederai lawan yaitu sole block tackle dan two footed tackle. Sole block tackle biasanya dilakukan saat pemain berdiri berhadapan atau disamping lawan kemudian saat lawan sedang menguasai bola atau hendak menendang bola, pemain melakukan block dengan telapak kaki. Posisi ini membuat kaki lawan seringkali mengalami daya momentum balik yang keras walaupun pemain melakukan block dengan telapak kaki yang tepat mengenai bola.

Sole Block Tackle

Jenis kedua yang sangat tidak diijinkan dilakukan di lapangan adalah two footed tackle atau yang seringkali kita kenal dengan tackle dua kaki sambil menjatuhkan badan, tackle dilakukan dengan dua buah telapak kaki yang mengarah ke lawan. Walaupun mengenai bola tetapi gerakan ini akan membuat lawan sulit menghindar dari terjangan kita dan biasanya kaki lawan akan terkena dorongan yang sangat keras serta sangat berpotensi cedera. Tidak ada alasan apapun yang dapat membenarkan pemain jika melakukan dua jenis tackle ini saat pertandingan, dan biasanya langsung dihitung sebagai pelanggaran dengan ganjaran kartu kuning dan merah.

Two Footed Tackle

 

Gambar Dari Berbagai Sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.