handshake

Sepak bola adalah permainan universal yang menjunjung tinggi nilai persahabatan dan saling menghormati antar pemain, pelatih, fans, klub, dan negara. Dalam sebuah pertandingan ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang pemain untuk menghormati tim lawan seperti berikut.

Bersalaman sebelum pertandingan dimulai.
Menghormati lawan dimulai sejak awal bertemu di lapangan dengan cara bersalaman dengan semua pemain lawan. Kalau bisa disertai kata-kata penyemangat seperti “selamat bertanding”, “berikan perlawanan terbaik”, dan sebagainya. Selain itu juga dapat saling bertukar banner atau souvenir sebagai tanda persahabatan antar kedua tim.

Berkumpul dan saling mengingatkan
Sebelum kick off sebaiknya sebagai sebuah tim berkumpul lagi untuk saling mengingatkan agar menghormati lawan dan bermain sportif. Dalam hal ini peran pelatih dan kapten tim sangat penting untuk terus menyemangati para pemain. Bermain adil, sesuai aturan, dan menghargai lawan adalah hal yang selalu harus diingatkan.

Membantu berdiri
Ketika lawan kita terjatuh saat bermain atau saat berebut bola dengan kita, atau saat terjadi foul oleh atau kepada kita, maka hal yang harus kita lakukan adalah membantu mereka untuk kembali berdiri. Walaupun sepanjang pertandingan orang tersebut terlihat sangat menjengkelkan tetapi tetap harus kita hormati dan tawarkan bantuan untuk berdiri.

AC Milan forward Zlatan Ibrahimovic, right, is helped by Sampdoria defender Daniele Gastaldello during a Serie A soccer match between Sampdoria and AC Milan at the Genoa Luigi Ferraris stadium, Italy, Saturday, Nov. 27, 2010. (AP Photo/Carlo Baroncini)

Teriakan yang menyemangati teman bukan menjelekan lawan
Selama pertandingan sebaiknya berusaha untuk tidak menjelekan lawan lewat teriakan ataupun ejekan. Sebaliknya ada hal yang lebih penting yaitu selalu berusaha menyemangati teman, karena jika teman kita melihat semangat kita yang menggebu-gebu walaupun dalam kondisi kalah mereka akan tetap berusaha untuk memberikan permainan terbaik, demikian juga lawan kita.

Berbicara dan berkomunikasi
Saat berbicara sewaktu bertanding atau di pinggir lapangan dengan lawan sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan. Segala bentuk ucapan kotor, menghasut, fitnah, menghina, mengadu domba dan sebagainya sebaiknya dihindari. Dengan berbicara dan berkomunikasi yang sopan maka kita dapat bertanding dengan adil dan penuh rasa hormat.

Berterima kasih kepada pemain lawan
Saat pertandingan berakhir maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah berterima kasih kepada pemain lawan. Melakukan high five (salam tangan), berpelukan, bertukar baju, serta mengatakan kalimat persahabatan seperti “terima kasih buat pertandingan yang baik ini”, atau “terima kasih buat persaingannya”, atau “terima kasih telah bertanding dengan penuh semangat” dsb adalah hal-hal yang dapat kita lakukan. Satu catatan kecil yang perlu selalu kita ingat bahwa lawan adalah salah satu unsur penting yang dapat memungkinkan kita bersaing dan bermain, untuk itu kita perlu berterima kasih kepada mereka.

Berterima kasih kepada pelatih lawan
Pelatih adalah sosok yang selalu harus dihargai. Meskipun pelatih tersebut adalah pelatih tim lawan tetapi tetap harus kita hormati sebagai sosok yang telah mempersiapkan tim lawan untuk bertanding dengan tim kita. Tanpa pelatih tidak mungkin sebuah tim dapat menunjukan permainan terbaik mereka. Untuk itu setelah bertanding kita juga dapat bersalaman dengan pelatih tim lawan sambil mengucapkan terima kasih.

Berterima kasih kepada para pendukung kita dan lawan
Jika tim kita menang hal yang perlu dilakukan adalah berterima kasih kepada para fans karena telah menyemangati selama pertandingan. JIka tim kita kalah sebaiknya meminta maaf karena masih belum bisa mencapai apa yang diharapkan pendukung kita. Selain untuk pendukung sendiri, kita juga harus mengucapkan terima kasih untuk pendukung lawan karena telah mendukung dengan penuh semangat tim mereka, dan juga dapat menerima hasil akhir yang ada.

Meredakan tangisan & kesedihan
Terkhusus untuk beberapa pertandingan penting, di saat tim kita menang dan ada pemain lawan yang bersedih bahkan menanggis meratapi kekalahan, maka hal penting yang perlu kita lakukan adalah memberikan semangat kepada mereka bukan malah mengejek. Lawan yang sedang menangis dapat kita rangkul dan berikan nasihat penyemangat seperti “mungkin saat ini bukan waktu kalian, tetapi tetap berlatih dan berikan penampilan terbaik di kejuaraan selanjutnya”.

iceland

Dengan melakukan hal-hal sederhana tersebut maka sepak bola yang kita mainkan tidak hanya berbicara tentang hasil akhir atau prestasi yang kita capai atau piala yang kita angkat. Tetapi sepak bola yang kita mainkan menjunjung tinggi nilai sportifitas, saling menghormati, dan saling mengasihi sesama manusia.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.