satu

Usia 5-7 tahun adalah usia awal dimana seorang anak mulai mengenal dan bermain sepak bola. Menendang bola bersama teman-teman adalah sebuah aktifitas menarik walaupun kadang ada anak yang tidak tahu dimana gawang mereka berada. Seorang pelatih pada usia ini lebih dominan berfungsi sebagai seorang teman dan koordinator aktifitas yang membuat anak-anak dapat senang dan menikmati bermain sepak bola. Disaat bermain bersama anak-anak, pelatih akan secara perlahan mengarahkan hal-hal dasar dalam sepak bola kepada mereka.

Koordinasi & Kontrol Gerakan Tubuh

Pada usia ini anak-anak sedang belajar untuk melakukan koordinasi & kontrol anggota tubuh mereka. Menyempurnakan gerakan-gerakan dasar motorik adalah hal-hal yang sedang mereka coba lakukan. Aktifitas dengan atau tanpa bola untuk mendukung koordinasi & kontrol anggota tubuh akan sangat membantu mereka untuk membuat pergerakan motorik berkembang. Untuk itu aktifitas-aktifitas (game & fun game) yang dilakukan harus banyak mengandung gerakan-gerakan dasar motorik seperti lari, lompat, jongkok, berputar, berpindah ke samping dan belakang, dsb.

Menyentuh bola

Terdapat 6 permukaan kaki (bagian dalam, luar, punggung, telapak, ujung jari, dan tumit) yang dapat digunakan untuk menendang, menggiring, dan mengontrol bola. Kebanyakan anak usia 5-7 tahun menggunakan ujung dan punggung kaki untuk melakukan semua aktifitas tersebut. Saat berlatih dan bermain anak-anak dimotivasi dan ditantang untuk menggunakan permukaan kaki yang lain untuk menendang dan mengontrol bola. Fun Games seperti “siapa yang paling bisa mencontohkan gerakan pelatih menendang, mengontrol ataupun menggiring bola” sangat efektif untuk membiasakan mereka menggunakan permukaan kaki lain.

Menggiring Bola

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan anak-anak di usia ini adalah melakukan gerakan menggiring bola versi mereka. Pelatih dapat menyediakan lapangan berukuran tertentu kemudian dengan bola masing-masing setiap anak dibebaskan untuk menggiring bola di dalam area tersebut. Pelatih kemudian mengarahkan perlahan cara menggiring, posisi badan, serta permukaan kaki yang digunakan untuk menggiring. Jika masih banyak kesalahan yang dilakukan, pelatih jangan langsung menyalahkan mereka tetapi tetap memotivasi agar mereka dapat melakukannya dengan benar. Sebisa mungkin memberikan pujian jika ada yang dapat menggiring dengan cukup baik.

dua

Mengumpan bola

Pada usia ini anak-anak lebih suka menendang bola ke sembarang arah daripada mengumpan bola ke teman mereka di arah tertentu. Hal ini dipengaruhi beberapa alasan antara lain mereka belum mengerti peraturan dan tujuan sepak bola, belum mengerti pentingnya kerja sama tim, bagi mereka mendapat bola dan dapat menendang bola adalah sesuatu yang menyenangkan, dan juga kemampuan pergerakan yang masih terbatas sehingga lebih mudah menendang sembarang dibanding mengarahkan bola ke suatu arah. Untuk itu pelatih perlu mengarahkan tentang cara bermain sepakbola dan bermain sebagai sebuah tim. Kualitas cara mengumpan di usia ini bukan menjadi prioritas utama, tetapi tujuan mengumpan yang lebih menjadi fokus.

Menembak bola

Pada usia ini anak-anak akan sangat senang jika dapat mencetak gol. Pernah ada orang tua yang bertanya kepadaku “coach minggu lalu siapa yang melatih anakku dan memuji anakku saat berhasil membuat gol, karena selama seminggu ini dia terus menceritakan hal tersebut dan sangat gembira”. Untuk itu dalam setiap aktifitas latihan dan permainan pelatih sebisa mungkin menciptakan kondisi yang memungkinkan mereka dengan mudah mencetak gol. Contoh sederhana misalnya membuat ukuran gawang cukup besar, jarak antar gawang tidak terlalu jauh, jumlah pemain yang tidak terlalu banyak sebisa mungkin 4v4 dan sebagainya. Dengan demikian pelatih akan mudah memotivasi mereka untuk dapat menikmati permainan sepakbola dan dapat melatih mereka untuk semakin giat melakukan tembakan-tembakan yang lebih keras dan lebih jauh.

Mengontrol bola

Satu pemain satu bola adalah hal utama yang harus dilakukan dalam pelatihan anak usia 5-7 tahun. Pelatih dapat membuat aktifitas fun games yang memungkinkan anak-anak untuk mengontrol bola masing-masing. Jika dirasa mereka sudah ada kemajuan dalam mengontrol bola, pelatih dapat melatih cara mengontrol bola lewat permainan 4v4. Saat bermain pelatih dapat mengarahkan mereka untuk mengontrol bola menjauhi tekanan lawan, mencari ruang kosong, serta menggiring bola kearah gawang sasaran. Saat selesai latihan anak-anak juga dapat diberikan tugas untuk menendang & mengontrol bola yang digantung ke jaring bola saat berada dirumah mereka, sehingga bola dapat berperan sebagai salah satu sahabat bermain mereka. Pada usia ini pelatih perlu terus menerus mengarahkan anak-anak agar tahu cara mengontrol bola yang benar.

Menyundul bola

Peringatan keras untuk semua pelatih bahwa di usia ini anak-anak TIDAK DIPERBOLEHKAN MENYUNDUL BOLA. Hal ini karena anak-anak di usia ini masih sangat kecil dalam perkembangan fisik mereka sehingga masih belum dapat menerima benturan benda keras di kepala.

Posisi & Formasi

Seringkali saya menemukan pelatih yang membawa papan taktik untuk mengarahkan anak-anak di usia ini bermain di posisi dan formasi tertentu. Hal ini tentu sangat meresahkan karena secara tidak langsung sebagai pelatih kita mematikan kreatifitas dan kesenangan anak-anak usia ini dalam bermain sepak bola. Penelitian terbaru membuktikan bahwa model pelatihan yang efektif untuk anak-anak usia dini adalah model street soccer. Anak-anak dibiarkan bermain sepak bola dengan gaya dan kebebasan mereka karena hal tersebut akan membuat mereka mudah berkembang dan menyesuaikan diri dengan teknik, taktik, serta memiliki ketahanan fisik yang cukup prima di usia selanjutnya. Sehingga peran pelatih disini adalah mengatur lapangan dan gawang yang dapat membuat mereka bermain dengan efektif, serta membiarkan mereka bermain. Memuji dan memotivasi jika ada yang mencetak gol atau mempraktekan teknik yang baik, mungkin juga sesekali dapat menjadi komentator agar permainan dapat berjalan lebih seru. Mengarahkan dengan sederhana beberapa teknik dasar. Serta yang paling penting adalah menjadi teman bermain yang baik dan dapat membuat mereka menikmati serta senang bermain sepak bola.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.