Prediksi juara selalu menarik bagi pencinta sepak bola saat berlangsung kejuaraan besar seperti Piala Eropa. Di tahun 2016 ini sebanyak 24 tim akan bertanding untuk memperebutkan gelar tertinggi sepak bola di tanah Eropa. Kejuaraan ini cukup menarik dikarenakan akan tampil pemain-pemain hebat dunia yang melebur dalam negara masing-masing. Jika Portugal memiliki megastar Ronaldo, Jerman memiliki semangat juara dunia, Spanyol memiliki klub dan liga terbaik di dunia, Inggris dan Belgia memiliki skuad yang fenomenal, lalu negara manakah yang paling mungkin menjuarai Piala Eropa 2016?

Maskot Euro 2016 Super Victor

Maskot Euro 2016 Super Victor

Perancis adalah negara yang paling mungkin menjuarai Piala Eropa 2016. Penulis memilih negara ini bukan karena penulis adalah fans Perancis, penulis murni fans negara Indonesia dan Belanda tetapi keduanya tidak ada di Piala Eropa 2016 he3. Alasan pertama adalah Perancis memiliki tim yang sangat komplit di setiap lini. Di barisan penyerang terdapat nama-nama seperti Giroud (Arsenal), Griezmann (Atletico), Martial (MU) yang tentunya merupakan para penyerang tim papan atas dunia dan selama tahun 2015-2016 penampilan mereka cukup baik. Di barisan tengah terdapat gelandang serang dan gelandang bertahan terbaik dunia juga seperti Pogba (Juventus), Matuidi (PSG), Coman (Bayern), Cabaye (Crystal), Schneiderlin (MU), Sisoko (Newcastle), Kante (Leicester), Payet (West ham). Sementara di barisan belakang tim ini terdapat petarung-petarung tangguh seperti Koscielny (Arsenal), Manggala (ManCity), Rami(Sevilla), Evra (Juventus), Sagna (ManCity), Digne (Roma), Jallet (Lyon). Di bawah mistar gawang terdapat salah satu kiper terbaik dunia Hugo Lloris (Tottenham) serta Costil (Rennes) dan Mandanda (Marseille). Dengan formasi 4-3-3 yang sering dimainkan tentunya akan memudahkan pelatih Didier Deschamps untuk memilih dan me-rotasi pemain.

Alasan kedua adalah karena Perancis adalah tuan rumah Euro 2016. Mental tim adalah salah satu faktor pendukung kemenangan dan saat Euro 2016 berlangsung dapat dipastikan stadion tempat tim nasional Perancis bermain akan dipenuhi fans Perancis yang bakal tak henti-hentinya bernyanyi dan mendukung tim kesayangan mereka ini dan hal tersebut akan mendongkrak penampilan tim serta dapat bermain di luar tekanan.

Alasan ketiga adalah karena masalah ketidakstabilan kondisi keamanan. Negara Perancis ingin membuktikan ke dunia bahwa mereka bisa menjadi tuan rumah yang aman, serta ingin keluar dari kondisi mencekam akibat teroris dengan mempersembahkan gelar juara kepada seluruh pencinta sepak bola di negeri tersebut yang beberapa waktu lalu sempat merasakan mencekamnya terror bom yang terjadi. Motivasi seperti ini seringkali membuat semangat juang tim meningkat berkali-kali lipat. Contoh lainnya misalnya Italia menjadi Juara Piala Dunia 2006 saat ingin keluar dari tekanan kondisi sepak bola dalam negeri yang penuh pengaturan skor dan korupsi.

Alasan keempat karena berada di grup A bersama negara Albania, Rumania, dan Swiss. Kekuatan ketiga negara tersebut dibanding dengan Perancis cukup jauh dan dapat dipastikan Perancis akan mudah menjadi juara grup A. Jika hal tersebut terjadi di babak 16 besar sampai babak perempat final Perancis akan berhadapan dengan negara-negara yang tidak terlalu sulit. Rintangan terbesar Perancis adalah saat bertanding di babak semifinal dan final karena kemungkinan akan bertemu salah satu tim besar seperti Italia, Belgia, ataupun Jerman.

Alasan kelima adalah karena beberapa negara yang difavoritkan juara dan merupakan pesaing utama Perancis memiliki masalah-masalah tersendiri yang mungkin dapat menyulitkan mereka. Jerman sebagai Juara Dunia 2014 datang ke Euro 2016 tanpa seorang Striker maut, yang tersisa di lini depan Jerman adalah Muller, Podolski, dan Gomez. Spanyol yang memiliki banyak bintang dari klub dan liga terbaik dunia masih tampil tidak percaya diri dan labil sejak dihancurkan Belanda di piala dunia 2014. Italia yang adalah salah satu tim klasik dengan mental juara saat ini dihuni pemain-pemain baru yang masih minim pengalaman. Inggris dan Belgia dengan pemain muda berbakat dan fenomenal sepertinya masih kurang kompak dan belum memainkan kerjasama tim yang baik. Portugal juga masih terlalu tergantung dengan sang megastar Ronaldo dan akan sulit untuk bersaing menjadi yang terbaik.

Tentunya semua penjabaran diatas adalah sebuah prediksi yang berdasarkan data dan pengamatan dari beberapa fakta dan kondisi tim. Tidak menutup kemungkinan tim yang lain bakal bisa menjuarai Piala Eropa 2016 dan juga akan lebih menarik jika ada tim kuda hitam seperti Swedia, Polandia, atau Wales yang menjuarai kejuaraan ini. Setiap kita juga bebas menentukan tim mana yang bakal juara serta menikmati setiap pertandingan yang tersaji. Tetap mendukung tim masing-masing, tetap berolah raga, tetap jaga kesehatan, nonton pertandingan yang penting-penting saja agar tak terlalu banyak begadang. Bagi yang nanti timnya menjuarai Piala Eropa selamat dan selalu ingat bahwa semua itu Anugerah dari Tuhan.

note : gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.