Pada beberapa sekolah sepak bola dan akademi sepak bola dikarenakan keterbatasan dana dan minimnya pengetahuan tentang pola pengembangan pemain, maka bola yang digunakan untuk berlatih dan bermain adalah bola yang dipakai untuk usia dewasa. Pemandangan menarik serta lucu terlihat saat seorang pemain berusia 10 tahun menggiring bola yang ukuran diameternya hampir menyamai tinggi lututnya, dan saat menendang bola tersebut tidak dapat melesat kencang dikarenakan bola tersebut terlalu berat. Jika pemain yang sekecil itu diberikan bola yang cukup besar untuk dimainkan, maka latihan yang akan dia jalani tidak akan terlalu bermanfaat untuk menunjang teknik olah bolanya. Bola yang diberikan harus proposional dari segi ukuran dan berat, disesuaikan dengan usia pemain agar kemampuan teknik pemain dapat benar-benar terlatih maksimal.

soccer size s

Bola ukuran 3 (size 3)

Bola ukuran 3 memiliki ukuran diameter sebesar 7-7.5 inci atau setara dengan 18.5 – 19.5 cm. Berat rata-rata bola ukuran 3 adalah sekitar 11-12 ozs atau setara dengan 0.31-0.33 kg. Bola ukuran 3 diperuntukan untuk anak-anak usia 7 tahun kebawah. Jika kita hendak membeli bola ukuran 3 untuk anak-anak kita, sebaiknya cari yang permukaannya lembut dengan sedikit mungkin jahitan pada permukaan bola. Periksa juga bau dari bola tersebut dikarenakan pada beberapa bola menggunakan bahan sintetis yang baunya cukup menyengat dan berbahaya bagi kesehatan anak kecil.

Bola ukuran 4 (size 4)

Bola ukuran 4 memiliki ukuran diameter sebesar 8-8.5 inci atau setara dengan 20 – 21 cm. Berat rata-rata bola ukuran 4 adalah sekitar 12-13 ozs atau setara dengan 0.33-0.36 kg. Bola ukuran 4 diperuntukan untuk anak-anak usia 8-11 tahun. Perlu diperhatikan juga adalah bahwa bola nomor 4 digunakan untuk permainan futsal juga, akan tetapi bola sepak bola lapangan besar berbeda dengan bola futsal dari segi tekanan angin yang digunakan. Untuk bola sepak bola lapangan besar menggunakan tekanan 0.6-1.1 atm (600 – 1100 g/cm2), sedangkan untuk bola futsal menggunakan tekanan 0.4-0.6 atm (400 – 600 g/cm2). Artinya bola lapangan besar lebih tinggi pantulannya dibandingkan dengan bola futsal.

Bola ukuran 5 (size 5)

Untuk anak-anak usia 12-19 tahun, serta usia dewasa 20 tahun keatas menggunakan bola ukuran 5. Bola ukuran 5 memiliki ukuran diameter 8.5-9 inci atau setara dengan 22-22.5 cm. Berat bola ukuran 5 adalah sekitar 14-16 ozs atau setara dengan 0.40 – 0.45 kg. Bola ukuran 5 adalah ukuran standar yang dipergunakan untuk pertandingan profesional dan piala dunia. Sebelum sebuah pertandingan resmi internasional dilaksanakan, biasanya official FIFA melakukan tes bentuk, pantulan, berat, batas serap air, kemampuan mempertahankan tekanan, serta ukuran bola. Semua tes tersebut dilakukan agar bola yang digunakan terstandarisasi sehingga pertandingan dapat berlangsung dengan adil dan lancar, serta saat bermain para pemain dari seluruh dunia dapat menunjukan kemampuan terbaiknya.

Soccer-Ball-Sizing

Hal penting yang perlu menjadi catatan adalah anak-anak dalam masa pertumbuhan harus berlatih dengan ukuran bola yang tepat. Kemampuan mengolah bola dalam bentuk teknik menggiring bola, mengontrol bola, serta menendang bola adalah beberapa teknik dasar yang perlu dilatih dengan ukuran bola yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu disaat berlatih kerjasama dan koordinasi dalam tim, anak-anak harus cukup terbiasa dengan bola yang digunakan sehingga mereka dapat membaca arah bola serta mengarahkan bola dengan benar.

Comments

comments

Tags

 

2 Comments

  1. jerawat.id says:

    Ada ternyata ukuran pas nya bola … makasih infonya mas

  2. Samsul says:

    Ya betul ukuran bola disesuaikan dengan ukuran bola. Seingat saya waktu kecil kekika main bola menggunakan bola plastik yang murah sebab bola kulit tidak terbeli karena mahal…he..he..

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.