IMG_5613

Sepak bola adalah salah satu aktifitas yang sangat positif untuk dilakukan anak-anak kecil, karena di usia pertumbuhan mereka sepak bola dapat mengembangkan kelincahan, kecepatan, stamina, daya tahan tubuh, dan juga mengajarkan anak-anak akan pentingnya gotong royong atau kerja sama tim. Sepak bola dapat memainkan peranan penting dalam perkembangan fisik dan sosial anak-anak kita. Saat ini di Indonesia berkembang cukup banyak sekolah sepak bola yang dapat menjadi wadah anak-anak kecil yang suka bermain sepak bola, tetapi jika kita tidak mau anak kita masuk sekolah sepak bola karena beberapa alasan, maka kita dapat mendukung mereka untuk melakukan aktifitas seperti sepak bola jalanan (street soccer) atau ekstrakurikuler sepak bola di waktu-waktu bermain mereka daripada memainkan playstation atau game online.

Mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak

Saat bermain sepak bola seorang anak harus cukup sehat dan lincah. Sepak bola mengharuskan anak-anak untuk berlari mengejar bola dan berlari menjelajah ke area lapangan lawan dan area lapangan sendiri. Dengan melakukan kegiatan seperti ini dapat membangun ketahanan, kecepatan, keseimbangan anak-anak kita. Menggiring dan menembak bola mengembangkan kelincahan dan koordinasi. Manfaat kesehatan dari olahraga aktif seperti sepak bola termasuk memperkuat tulang dan mengembangkan otot, menurunkan risiko terkena beberapa jenis penyakit pada anak-anak, dan memperkecil kemungkinan kelebihan berat badan pada anak-anak berdasarkan penelitian dari Lembaga Kesehatan Anak dari Nemours.

Lembaga kesehatan anak ini juga memaparkan bahwa latihan aerobik menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Ketika latihan aerobik seperti ini dilakukan secara rutin, maka hal ini dapat “memperkuat jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memberikan oksigen ke semua sel nya.”

Membangun kemampuan sosialisasi anak

Sepak Bola adalah permainan tim, saat seorang anak bermain dalam sebuah tim sepak bola maka secara tidak langsung dapat mengembangkan kemampuan anak tersebut untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan anak-anak lain. Untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola, seluruh tim harus dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik. Pemain di posisi bertahan harus dapat mendukung pemain lini tengah dan pemain di posisi menyerang selama serangan ke gawang lawan. Demikian juga pemain di posisi menyerang harus kembali ke daerah pertahanan mereka untuk membantu pemain di posisi bertahan ketika mereka berada di bawah tekanan dari tim lawan. Untuk memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain, seorang anak perlu berkomunikasi. Jenis kegiatan kerjasama seperti ini jelas mengembangkan kemampuan sosial anak. Anak-anak yang bermain sepak bola mendapatkan keuntungan untuk pengembangan diri dan meningkatkan keterampilan sosial.

Saat seorang anak melalui serangkaian proses ini, maka sepak bola akan mengajarkan banyak sekali nilai-nilai kebersamaan kepada seorang anak, dan bukan tidak mungkin nilai-nilai kerjasama dan komunikasi tersebut dapat diterapkan dalam keseharian mereka.

kids-soccer-630x330

Mengembangkan nilai hidup anak

Karena sepak bola memiliki penekanan pada keberhasilan tim secara keseluruhan, bukan keberhasilan individu pemain, maka jenis olah raga ini cenderung membuat seorang anak menikmati prosesnya. Anak-anak tidak seperti sedang melakukan olahraga tetapi seperti sedang menikmati bermain serta berinteraksi dengan teman-teman satu tim untuk dapat unggul dari tim lawan. Dibandingkan dengan olahraga tim seperti baseball, yang mengharuskan pemain untuk menunjukan kemampuan individu pada satu fungsi saja, sepak bola menempatkan sedikit tekanan pada anak-anak. Sepakbola mendorong kerja sama tim dan komunikasi, yang memungkinkan seorang anak untuk mengidentifikasi secara pribadi akan nilai keberhasilan tim, daripada merasa perlu menunjukan kemampuan individu untuk mengungguli rekan-rekan satu tim demi mendapatkan pengakuan.

Selain itu sepak bola juga akan mengajarkan anak-anak kita akan pentingnya disiplin, hormat akan pelatih, wasit dan orang tua, menghargai sesama teman, serta menjunjung tinggi nilai keadilan yang selalu harus dipraktekan di lapangan dan bukan tidak mungkin anak-anak ini akan mempraktekan nilai-nilai tersebut di sekolah ataupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.