Apa yang akan dilakukan seorang Christiano Ronaldo saat berhadapan dengan penjaga gawang dengan sudut tembak yang sempit tetapi ada Gareth Bale berdiri bebas di tengah kotak penalty? Apa yang dilakukan Lionel Messi saat berhadapan dengan beberapa pemain bertahan lawan sementara mendapatkan ruang tembak yang tepat? Apa yang dilakukan seorang Robben saat dia mendapatkan kesempatan menusuk jantung pertahanan lawan dari sebelah kanan dan mendapatkan kesempatan menembak menggunakan kaki kiri-nya? Sepertinya kita semua sudah tahu jawabannya bahwa seorang Ronaldo kemungkinan besar akan menendang dengan sekuat tenaga (powerful) ke arah gawang, seorang messi kemungkinan besar akan memanfaatkan ruang tembak tersebut dengan akurasi 80% terjadi gol, dan seorang Robben akan melakukan gerakan-gerakan unik (surprise) sebelum mencetak gol dengan kaki kirinya.

C Ronaldo Real Madrid

Christiano Ronaldo dengan tendangan kerasnya

Dalam Sepak Bola, kemampuan teknik seorang pemain saat melakukan sentuhan terakhir (dengan kaki, kepala, atau bagian tubuh lainnya selain tangan) sebelum dia mencetak gol dinamakan penyelesaian akhir. Setiap pemain memiliki ciri khas tersendiri dalam melakukan penyelesaian akhir dan hal tersebut yang membuat sepak bola menarik. Penyelesaian akhir juga bukanlah hal mudah untuk dilakukan di pertandingan-pertandingan kelas dunia, karena hampir tiap minggu seorang pemain diliput permainannya di televisi dan seluruh orang dapat dengan mudah mempelajari cara-cara penyelesaian akhir masing-masing pemain. Sehingga di era sepak bola modern saperti sekarang ini dibutuhkan penyelesaian akhir yang benar-benar sempurna untuk menghasilkan sebuah gol.

Pada prinsipnya ketika melakukan penyelesaian akhir seorang pemain harus cepat tanggap terhadap 3 hal penting yaitu Akurasi arahbola, Kekuatan tembakan, Gerakan-gerakan kejutan. Dalam hitungan detik saat mengolah bola di dekat gawang lawan, seorang pemain harus memutuskan apakah saya akan mencetak gol atau saya melakukan umpan ke teman saya? Kalau saya ingin mencetak gol harus dengan prinsip apa? Apakah menempatkan bola dengan akurasi yang sempurna? atau saya akan menendang bola sekeras mungkin ke arah gawang? atau saya akan melakukan gerakan-gerakan unik untuk melepaskan bola ke gawang?

Akurasi arahbola

Pemain professional kelas dunia wajib memiliki teknik yang sempurna untuk mendukung hal ini. Tentunya disiplin dan latihan secara teratur sangat dibutuhkan agar seorang pemain mampu menendang atau menyundul bola ke arah yang diinginkan dengan tepat. Di samping itu insting yang tepat juga diperlukan agar pemain tahu waktu yang tepat untuk menempatkan bola di bagian yang tak dapat dijangkau penjaga gawang. Beberapa pemain kelas dunia pernah mempraktekan beberapa jenis tendangan atau sundulan yang tidak terlalu keras atau bahkan sangat lemah tetapi dengan tingkat akurasi yang sempurna sehingga menghasilkan gol-gol indah. Jika seorang dapat menendang dengan sangat keras tetapi dengan tingkat akurasi yang sempurna itu juga akan sangat baik. Contoh pemain yang mempraktekan prinsip ini adalah Linonel Messi saat mencetak gol ke gawang Iran di Piala Dunia 2014. Kelemahan cara ini adalah seringkali seorang pemain terlalu percaya diri namun dapat dibaca pergerakannya oleh pemain lawan sehingga penempatan bolanya tidak membuahkan gol.

messi iran

Lionel Messi saat melakukan penempatan bola

Kekuatan tembakan

Prinsip kuno dalam permaianan sepak bola adalah saat pemain punya kesempatan mencetak gol, sebaiknya bola ditendang sekeras mungkin ke arah gawang karena membuat kiper sulit menepis bola tersebut. Akan tetapi di sepak bola modern, kiper sudah tidak takut bola lagi dan juga kipar sudah cukup pintar untuk menutup sudut tembak. Sedekat atau sekeras apapun bola yang ditendang dengan berani akan dihalau seorang kiper di posisi yang tepat apapun resikonya. Hal ini membuat pemain perlu mengerti kondisi-kondisi yang memungkinkan untuk melakukan tendangan keras, ataupun kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan tendangan keras. Saat kiper terlihat berdiri dengan posisi yang salah, atau ketika kiper baru selesai melakukan penyelamatan dan masih belum siap kuda-kudanya maka saat-saat ini adalah saat yang tepat untuk mengeluarkan tendangan keras kearah gawang. Salah satu contoh tendangan keras yang sangat terarah dan dilakukan saat kiper dalam posisi agak maju adalah tendangan keras Giovanni Van Bronckhorst ke gawang Uruguay di Piala Dunia 2010, atau tendangan keras Wesley Sneijder ke gawang Mexico di Piala Dunia 2014 saat kiper di posisi tidak tepat. Kelemahan cara ini adalah saat melakukan tendangan keras terkadang pemain tidak dapat mengontrol arah dan kekuatan tendangan sehingga bola melayang sampai ke penonton, menuju langit, atau melenceng ke kanan dan ke kiri.

Wesley-Sneijder

Tendangan keras dan terarah Sneijder

Gerakan-gerakan kejutan

Jika lawan telah mengetahui gerak-gerik kita maka hal penting yang harus dilakukan adalah penyelesaian akhir menggunakan gerakan kejutan. Cara ini adalah yang paling susah dan perlu persiapan panjang, karena sekali kita melakukan gerakan kejutan maka tak bisa diulang-ulang sesering lagi. Gerakan kejutan juga memerlukan kreatifitas tinggi untuk membaca arahbola dan memanfaatkannya untuk menjadi gol. Gol indah mengontol sambil memutar badan kemudian voley James Rodriguez ke gawang Uruguay di Piala Dunia 2014, Gol indah firstime volley Tim Cahill ke gawang Belanda di Piala Dunia 2014, Gol indah penetrasi Gervinho ke pertahanan Kolombia di Piala Dunia 2014, serta Gol terbang Van Persie yang meruntuhkan mental pemaain-pemain Spanyol di Piala Dunia 2014 adalah contoh-contoh gerakan kejutan yang mengagumkan dalam melakukan penyelesaian akhir.

van persie

Sundulan terbang Van Persie

Berlatih dengan metode penyelesaian akhir yang tepat secara terus menerus akan membuat insting seorang pemain sepakbola tanggap dalam menerapkan prinsip penyelesaian akhir yang tepat untuk menjadi sebuah gol.

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.