ibra 2

Striker jangkung asal Swedia Zlatan Ibrahimovic dalam wawancaranya dengan salah satu majalah sepakbola terkenal menjelaskan bagaimana seharusnya bermain sebagai penyerang utama. Dalam melakukan tugasnya seorang penyerang utama harus dapat melakukan hal-hal berikut:

Menahan bola

“Kuncinya adalah untuk tidak kehilangan bola ketika Anda mendapatkannya. Jika saya sendirian, saya mencoba untuk melindungi bola dan menahan pemain bertahan lawan menggunakan punggung & lengan, dengan sekuat tenaga dan dengan tidak hilang keseimbangan. Hal ini penting karena jika saya bisa menahan bola, hal tersebut memberikan kesempatan kepada teman-teman lain untuk bergabung dengan saya dalam menyerang. Begitu teman-teman tim saya berada di posisi menyerang yang baik, saya akan memberi mereka bola tersebut. Atau terkadang saya langsung gunakan kemampuan individual untuk mencoba mencetak gol.”

Memposisikan diri

“Saya mencoba untuk memposisikan diri di mana saya bisa mendapatkan bola. Kadang-kadang saya mundur ke belakang untuk mendapatkan bola. Atau terkadang saya juga mencari ruang untuk membantu teman-teman tim saya dengan menarik bek lawan dari posisinya. Lalu saya mungkin juga akan mencoba untuk membuka ruang agar gelandang serang di tim saya memiliki banyak pilihan untuk mengumpan atau melakukan penetrasi. Saya bukan tipe pemain yang terlalu sering berlari saat bermain, tapi kadang-kadang sebagai penyerang kita harus melakukan hal ini, mencoba mengorbankan diri untuk tim, meskipun kita tahu saat kita berlari ke beberapa arah kita belum tentu akan mendapatkan bola. Dalam kemitraan yang baik, seorang penyerang akan melakukan hal ini untuk membantu pergerakan teman-teman yang lainnya di tim.”

Memanfaatkan bola umpan silang (crossing)

“Kuncinya adalah untuk selalu mencoba bergerak sebelum bek lawan: dengan cara itu kita akan menciptakan ruang untuk diri sendiri. Saya bukanlah yang terbaik dalam melakukan hal ini, menurut saya David Trezeguet adalah yang terbaik untuk hal ini. Saya belum pernah melihat seseorang yang lebih pintar dari dia dalam kotak penalty saat ada umpan dari sisi lapangan atau saat menyambut bola umpan bola mati. Dia sepertinya tahu persis di mana bola harus disambut saat di udara atau saat menyusuri lantai. Saya tidak punya naluri itu, biasanya saya hanya berusaha untuk selalu bergerak mendahului bek lawan dalam menyambut bola umpan silang.”

Membaca permainan

“Saya mencoba untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi sebelum saya mendapatkan bola. Saya selalu mencoba mendeteksi di mana lawan saya dan di mana teman-teman tim saya akan berada dalam beberapa detik. Saya selalu mencoba mengamati dan menebak apa yang selalu dilakukan setiap pemain. Tapi juga tidak dapat selalu benar setiap kali. Mereka yang bisa selalu menebak dengan benar adalah pemain yang lebih baik dari saya. Intinya adalah dapat membaca permainan dan pergerakan lawan dan teman agar kita dapat bermain pintar.”

Berani beradu dengan bek tengah lawan

“Hampir semua bek tengah akan menarik, mendorong, atau mengintimidasi kita sebagai penyerang utama. Dalam hal ini kita harus selalu siap untuk segalanya dan tidak meremehkan mereka. Mereka akan melakukan hal ini karena mereka lemah dan kamu kuat. Seorang bek yang fantastis tidak akan mengintimidasimu dengan cara curang, tetapi kita tak selalu menghadapi bek fantastis, beberapa dari mereka adalah bek-bek yang akan menghalalkan segala cara untuk mengintimidasi kita. Paolo Maldini dan Alessandro Nesta adalah bek-bek tangguh, tapi saya benar-benar menghormati mereka dan akan selalu berusaha beradu dengan mereka sekuat tenaga.”

 Mengatasi perlakuan buruk lawan

“Beberapa bek lawan akan mencoba untuk membuat kita kesal dan emosi, secara fisik dan lewat ucapan mereka. Beberapa orang bek pernah menyinggung hal-hal tentang keluarga saya – mereka memanggil saya gipsi karena Ibu saya adalah orang Kroasia dan ayah saya dari Bosnia. Padahal Saya lahir di Swedia dan merasa 100 persen Swedia, tapi mereka tetap saja berusaha membuat saya emosi dan kesal.Tapi saya tidak mempedulikan mereka. Kuncinya adalah tetap fokus pada apa yang harus kita lakukan dalam permainan, bukan pada apa yang dikatakan mereka. Satu hal yang juga perlu diingat adalah bahwa kita memiliki tanggung jawab di tim kita untuk menjaga sikap.”

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.