Foto: Bob Thomas Getty Image

Pertandingan antara Argentina vs Inggris pada Perempat Final 1986 menjadi salah satu pertandingan sepakbola yang fenomenal. Sang aktor pada pertandingan itu adalah Diego Maradona, gol tangan Tuhan dan gol dari aksi individu yang berkelas menjadi karya sang legenda pada saat itu.

Well,  gol kedua Maradona menjadi salah satu gol terbaik abad ini, pemain dengan kemampuan teknik tinggi yang dapat melakukan hal itu, total ada enam pemain yang coba mengganggu pergerakannya tapi dapat dilewati dengan mudah. Sebelum gol terjadi , Maradona telah menunjukan kualitas Dribbling yang mupuni

Diego Maradona vs Inggris (World Cup 1986)

Apa yang dilakukan Maradona ketika  melakukan dribbling merupakan suatu hal yang kita bisa pelajari, dribbling atau menggiring bola merupakan suatu teknik dasar dalam sepak bola,  Berikut adalah poin-poin penting dalam mempelajari teknik dasar dribbling:

  1. Posisi tubuh harus tetap seimbang.
  2. Posisi bola harus sedekat mungkin dengan kaki
  3. Mengganti arah dan kecepatan dalam suatu waktu yang tepat
  4. Pandangan mata tidak hanya tertuju pada bola tapi juga melihat pergerakan lawan di sekitarnya.
  5. Mampu menggiring bola dengan kaki bagian luar dan bagian dalam.
  6. Pemain harus memiliki kepercayaan diri.

 

Bagaimana cara mempelajarinya:

Free Dribbling 2

Metode Pelatihan:

Pemain berdiri di cone yang diletakan di sisi lapangan, lalu kemudian pemain bebas menggiring bola menuju ke sisi lapangan lainnya. Pemain bisa memberikan variasi kecepatan dalam latihan dribbling ini. lakukan dengan fokus latihan 6 poin diatas.

 

Free dribbling 1

 

Metode Latihan:

Latihan ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan latihan sebelumnya. Cone yang diletakan merupan tantangan yang harus bisa dilewati dalam latihan kali ini. Pemain berdiri disisi lapangan (nomor 1), dan kemudian bergerak melewati cone yang sudah diatur. lakukan gerakan zig zag melewati cone, usahakan posisi bola selalu dekat dengan kaki. Tambahkan tantangan dengan memberi batasan waktu ketika melakukan latihan. Sekali lagi fokus utama latihan dribbling adalah 6 poin diatas.

Selamat Mencoba…

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.