Apa…. fisika bola? Bukannya fisika itu adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan sepakbola?

Mungkin tanggapan kita akan serentak mirip dengan kalimat di atas, karena kita merasa bahwa fisika adalah ilmu yang tak perlu diketahui pemain, pelatih atau fans sepakbola. Tetapi anggapan tersebut adalah salah, karena fisika adalah salah satu ilmu yang berperan penting dalam perkembangan sepakbola. Fisika selalu terkait dengan apapun yang ada di dunia ini dan permainan sepakbola juga memanfaatkan perkembangan fisika untuk berkembang. Salah satu elemen sepakbola yang memanfaatkan ilmu fisika adalah ‘bola’. Seorang pemain, pelatih, fans atau siapapun yang cinta sepakbola harus mengerti dan mengenal benda yang disebut bola, karena bola adalah jiwa dari permainan ini. Benda bundar berdiameter 68-70 cm, dengan berat 410-450 gr, dan tekanan 8-12 psi (standar bola ukuran 5, FIFA APPROVED) adalah benda paling penting dalam permainan ini, saat bola ditendang atau dikontrol di lapangan maka secara tak terlihat ada gaya-gaya fisika yang mempengaruhi pergerakan bola. Diagram berikut menunjukan pengaruh gaya-gaya fisika terhadap sebuah bola.

forces

Berat dan Massa

Berat dan massa bola sangat berpengaruh terhadap permainan. Jika bola memiliki berat yang berlebih, maka akan lebih sulit untuk ditendang . Jika bola terlalu ringan maka mudah untuk ditendang tetapi sulit untuk dikontrol. Untuk itu FIFA membuat standard berat bola adalah 410-450 gr untuk semua pertandingan resmi. Berat dan massa pemain sepakbola juga berpengaruh saat menendang bola. Semakin berat seorang pemain sepakbola, maka semakin keras pemain tersebut dapat menendang bola. Akan tetapi perlu diingat jika seorang pemain sepakbola kelebihan berat badan maka dia tidak bisa bergerak efektif di lapangan dan jiga tak bisa berlari dengan cepat, jadi perlu adanya berat badan ideal untuk seorang pemain sepakbola.

Gesekan

Gesekan terhadap bola mencegah bola untuk terus bergerak dan maju seterusnya ketika ditendang. Media yang paling sering menggesek bola adalah udara saat bola melayang, dan tanah atau rumput saat bola menyusuri lapangan, kedua media tersebut memperlambat laju bola dan bahkan membuat bola dapat berhenti bergerak. Kedua media ini adalah teman penjaga gawang karena dapat mempermudah kerja penjaga gawang saat membaca arahbola dan menangkap bola. Tetapi terkadang gaya ini mengelabui penjaga gawang saat bola tiba tiba berubah arah.

Gravitasi

Gravitasi adalah kekuatan lain yang mempengaruhi sepak bola . Jika tidak ada gravitasi, bola akan terbang di udara dan tidak pernah kembali. Contoh sederhana adalah saat kita menendang bola keatas, bola tersebut selalu melintas kebawah. Para pemain juga dapat berdiri dan memijak tanah karena gravitasi. Perubahan gravitasi dapat mengubah seberapa tinggi atau seberapa rendah bola dapat melayang.

Momentum

Momentum mempengaruhi seberapa jauh bola dapat melintas atau bahasa sederhananya kemampuan menjelajah bola. Jika kita memiliki banyak momentum saat menendang bola, maka bola tersebut akan melesat dengan cepat. Jika kita tidak memiliki cukup momentum , daya jelajah bola akan kurang. Saat kita menendang bola kita memindahkan momentum dari kaki kita ke bola, begitu juga sebaliknya saat kita menerima bola.

Kecepatan

Dan yang terakhir yang akan mempengaruhi cara bola bergerak adalah kecepatan. Tanpa mengetahui kecepatan dari bola yang ditendang, kita tidak akan bisa menjinakan bola tersebut. Kita juga wajib tahu kecepatan bola ketika kita menendang , sehingga kita dapat secara akurat dan efektif mengumpan ke rekan satu tim . Mengetahui arah bola dalam permainan sepakbola adalah sangat penting . Untuk itu kita harus tahu dan terus memantau kecepatan bola yang kita tendang atau yang akan datang ke arah kita saat bermain sepakbola.

Gaya-gaya fisika yang terjabar di atas sangat berpengaruh terhadap pergerakan bola. Jika kita mengerti perilaku gaya-gaya tersebut pada sebuah bola, kita akan mudah mengontrol, menendang, dan mengarahkan bola saat kita bermain sepakbola. Apakah tendangan melengkung David Beckham sebuah keajaiban? Atau hal tersebut adalah pemanfaatan hukum fisika serta dipadukan dengan latihan teratur sehingga membuat tendangan-tendangannya begitu indah dan akurat? Pada bagian lain akan dipaparkan manfaat gaya-gaya fisika terhadap permainan sepakbola.

 ≡ Gambar dari sumber NASA

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.