Sebuah tim sepakbola pasti memiliki pemain-pemain yang berbeda karakter. Pemain yang berkarakter baik akan menciptakan suasana tim yang kondusif. Di sisi lain pemain yang berkarakter buruk akan menciptakan suasana tim yang labil dan tidak kondusif. Bagaimana jika salah satu dari pemain yang berkarakter buruk ini adalah pemain bintang tim tersebut? Bagaimana cara menghadapi mereka? Seorang ahli Sport Psychology Marc Sagal memberikan saran untuk beberapa kondisi berikut ini…..

_64662040_balotelli_empics

Datang latihan atau pertandingan tidak tepat waktu

Untuk hal ini pelatih kepala atau manager tim harus membuat aturan yang jelas perihal waktu kedatangan. Aturan tersebut kemudian diterapkan secara sama dan merata untuk semua pemain tanpa ada pengecualian. Dan yang terpenting aturan tersebut harus dilaksanakan secara konsisten jangan berubah-ubah karena toleransi terhadap beberapa kondisi. Pemain yang tak teratur untuk hal ini dipanggil untuk diajak berbicara empat mata agar pemain merasa nyaman untuk berbicara dan berpendapat tentang kondisi dan keadaannya. Jika pemain tersebut masih melanggar aturan tersebut maka hukuman yang kreatif harus diberikan kepadanya, misalnya tidak dimasukan ke pemain utama di pertandingan berikutnya dan sebagainya.

Selalu mempertanyakan dan meragukan taktik pelatih

Untuk hal ini sebaiknya pelatih tidak melakukan debat terbuka dengan pemain tersebut di depan pemain yang lain. Tanggapi saja dengan tenang dan sopan serta bersikap meyakinkan di depannya. Pemain tersebut akan merasa tidak nyaman jika kita menanggapi kondisi ini dengan tenang. Jelaskan dengan penuh percaya diri dan kalau bisa informasi taktik yang disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Mendapatkan kartu merah untuk perbuatan yang tidak penting

Untuk hal ini pelatih perlu melakukan pendekatan personal, biarkan pemain tersebut selama sehari stelah pertandingan. Dekati pemain tersebut kemudian minta penjelasan tentang kartu merah tersebut. Dengarkan dengan penuh perhatian penjelasannya kemudian jelaskan padanya kalau perbuatannya tersebut tidak baik dan berdampak negatif bagi permainan tim. Setelah itu kita dapat meminta pemain tersebut untuk mengubah kebiasaannya tersebut serta meinta maaf untuk anggota tim lainnya.

Mario Balotelli is shown a red card during Manchester City's defeat to Arsenal last April

Berpesta sampai larut malam sebelum pertandingan

Untuk hal ini pelatih harus memberikan hukuman khusus karena pemain tersebut pasti tidak akan maksimal untuk tampil di pertandingan. Sambil pemain tersebut menjalani hukuman misalnya tidak dimainkan di pertandingan atau surat peringatan dikeluarkan dari tim, pemain tersebut diberikan pengertian tentang menurunnya daya tahan fisik serta kemampuan konsentrasi yang pasti terjadi jika dia melakukan hal tersebut sebelum pertandingan. Hal sederhana yang harus dilakukan setiap pemain sebelum pertandingan adalah menjaga kondisi fisik dan mental agar mampu tampil 100% di pertandingan.

 Merendahkan teman satu tim

Tegaskan berulang kali bahwa pelatih tidak akan berkompromi ketika ada satu pemain yang merasa dirinya hebat dan merendahkan pemain yang lain. Semua orang yang berada dalam tim memiliki keunikan masing-masing dan saling melengkapi. Tidak boleh ada pemain yang merusak kepercayaan diri pemain lainnya. Sikap merendahkan teman satu tim dapat merusak semangat menang tim, apakah dia mau hal ini terjadi? Katakan pada pemain tersebut bahwa semua pemain dalam tim harus saling menyemangati dan memperkuat satu sama lainnya bukan malah melemahkan.

Menampilkan ekspresi dan sikap tubuh negatif

Ekspresi atau sikap tubuh negatif yang ditunjukan saat pertandingan dapat sangat mempengaruhi pemain lain dalam tim. Untuk hal yang satu ini pelatih harus segera meminta pemain tersebut untuk memperbaiki sikapnya di lapangan atau segera mengeluarkannya dari pertandingan digantikan pemain lain. Sarankan kepada semua pemain termasuk pemain tersebut untuk selalu menikmati pertandingan dan selalu tersenyum atau menampilkan ekspresi positif karena hal tersebut bisa menjadi modal kuat untuk menang.

Untuk setiap pemain bintang di tim kita, pelatih harus tetap memperlakukan mereka sama seperti pemain lain saat kita berlatih atau bertanding. Jika kita ingin memperlakukan mereka secara lebih, gunakan pendekatan personal saat di waktu luang atau diajak nongkrong atau rekreasi bersama. Setiap hukuman yang kita berikan kepada pemain sebaiknya dengan alasan yang jelas dan jika masih kurang jelas sebaiknya selalu meminta kapten tim untuk memberikan penjelasan lagi ke mereka. Hal ini dikarenakan kapten tim memiliki posisi yang setara dengan rekan tim yang lainnya dan dia akan mudah didengar oleh mereka.

 ≡ Gambar dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.