Piala Dunia 2010 mengisahkan salah satu kisah terbaik dalam sejarah sepakbola. Kisah tentang salah satu negara yang tidak mengangkat trofi Piala Dunia tetapi tak pernah kalah saat bertanding dalam kompetisi tersebut. Seperti kita ketahui bahwa semua negara yang berlaga di Piala Dunia pasti pernah kalah, Spanyol pernah kalah oleh Swiss walaupun mengangkat trofi, Belanda dikalahkan Spanyol, negara lain seperti Jerman, Uruguay, Brazil, Argentina, Inggris, dan yang lainnya juga semua menelan kekalahan tetapi tidak dengan negara yang satu ini.

new zealand 2

Para Pemain Tim Fenomenal

Pertandingan pertama negara fenomenal ini adalah melawan Slovakia yang memiliki banyak pemain bintang salah satunya adalah playmaker napoli Marek Hamsik. Permainan dengan sendirinya lebih banyak diatur oleh pihak Slovakia sampai mereka berhasil mencetak gol di menit ke 50. Akan tetapi pertandingan berakhir imbang 1-1 karena negara fenomenal ini berhasil menyamakan kedudukan di injury time lewat sundulan pemainnya yang bernama “Reid Rose” (pernah mendengar nama pemain yang satu ini? Sepertinya memang sangat jarang beredar nama yang satu ini di media masa). Hasil imbang 1-1 merupakan pencapaian point pertama di Piala Dunia yang didapatkan negara ini setalah 2 kali keikutsertaan di Piala Dunia. Negara ini pernah berpartisipasi di Piala Dunia tahun 1982 di Spanyol tetapi mereka pulang tanpa poin karena menelan tiga kekalahan, kalah dari Scotlandia (5-2), kalah dari Soviet Union (3-0), dan kalah dari Brazil (4-0).

Pertandingan kedua adalah melawan raksasa sepakbola dunia Italia yang berpredikat sebagai juara bertahan karena pada tahun 2006 mengangkat trofi Piala Dunia untuk yang keempat kalinya. Perbandingan kedua negara ini adalah seperti Goliath melawan David, hal ini dikarenakan perbedaan materi pemain antara kedua tim ini. Italia memiliki 25.000 pemain profesional di semua liga dunia, sedangkan negara fenomenal ini hanya memiliki sekitar 25 orang pemain profesional. Tim ini juga datang ke Piala Dunia dengan membawa pemain-pemain amatir yang kesehariannya tidak 100% berlatih dan bermain sepakbola karena tidak memiliki klub profesional, juga ada yang berprofesi sebagai pegawai salah satu Bank di negara tersebut. Semua komentator memprediksikan Italia akan menang besar dan menang mudah saat menghadapi negara ini, akan tetapi pertahanan catenacio ala italia hanya mampu bertahan tujuh menit kemudian pemain negara fenomenal ini yang bernama Shane Smeltz berhasil membobol gawang Italia. Semua pemain Italia terlihat bingung menghadapi situasi ini dan kemudian mulai menggempur habis-habisan pertahanan negara fenomenal ini, sehingga di menit ke-29 Italia mendapat penalti dan menyamakan kedudukan lewat gol Vicenzo Iaquinta. Pertahanan yang solid negara ini dengan formasi 4-5-1 mampu menghalau setiap gempuran pemain Italia dan sampai pertandingan berakhir skor 1-1 tetap bertahan. Negara fenomenal ini berhasil menambahkan satu poin lagi sehingga poin mereka menjadi 2 poin.

new zealand 3

Para Suporter Tim Fenomenal

Di pertandingan ketiga negara fenomenal ini melawan salah satu kekuatan besar Amerika Latin yang memiliki banyak pemain bintang Paraguay. Gaya khas permainan menyerang ala Amerika latin berhasil diredam oleh permainan simple negara fenomenal ini. Akhirnya negara ini berhasil bermain imbang dengan Paraguay 0-0 dan membuahkan poin ketiga bagi mereka di Piala Dunia. Akan tetapi tiga poin tersebut tak mampu mengantarkan mereka ke babak selanjutnya karena mereka hanya duduk di posisi ketiga klasemen di grup F.

Langkah tim sepakbola negara fenomenal ini terhenti di babak grup tetapi klasemen mereka berada diatas Italia dan hal tersebut merupakan prestasi bagi mereka. Prestasi lainnya adalah saat datang ke Piala Dunia mereka hanya menempati peringkat 78 FIFA tetapi setelah piala dunia 2010 mereka berhasil naik 24 peringkat ke peringkat 50 FIFA. Tidak pernah kalah di Piala Dunia juga adalah prestasi membanggakan dari mereka, karena menjadi satu-satunya negara yang tak pernah kalah di Piala Dunia 2010.

Negara ini adalah negara kecil yang hanya memiliki penduduk sebanyak 4 juta jiwa, terletak di tenggara Australia dengan satwa kebanggaan mereka adalah Kiwi. The All whites adalah julukan tim ini karena selalu menggunakan jersey berwarna putih-putih, dan di negara ini tidak ada liga profesional sebesar Indonesia Super League. Semangat juang yang tinggi, Fisik yang prima, serta kepintaran pemain dalam menerima instriksi pelatih menjadi modal keberhasilan taktik mereka sehingga mencapai prestasi tidak pernah kalah di Piala Dunia 2010. Mereka mungkin tidak mengangkat trophi Piala Dunia tetapi mereka berhasil menunjukan kepada dunia bahwa mereka telah mengoptimalkan semua sumberdaya mereka serta mempersembahkan permainan terbaik mereka, dan dunia dapat belajar dari mereka untuk hal ini. Nama negara ini adalah NEW ZEALAND.

new zealand 4

New Zealand World Cup 2010

≡ Gambar dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.