beckham_free_kick

Beckham amazing free kick

Ketika seorang pemain mengerti bahwa dirinya adalah “Siapa,” maka bermainlah dengan feel free, bebas di dalam berekspresi, bergembira dan bermain lepas.  Mana ada prestasi terjadi di dalam beban?  Hasil terbaik selalu muncul ketika seseorang berkarya di dalam kebebasan ekspresi dan kenikmatan berkarya.  Tetapi sebebas apa?  saya jadi ingat istilah sepak bola yang menurut saya paradoks: free kick.  Mengapa paradoks?  Karena di satu sisi ada kebebasan, namun di sisi lain tidak bebas.  Maksudnya apa?

Ketika seorang pemain melakukan pelanggaran terhadap kita, maka kita akan mendapatkan sebuah kesempatan tendangan bebas.  Sebuah kesempatan yang perlu dilakukan dengan tepat dan akurat, dan bebas!  Yah, tendangan dapat dilakukan dengan sebebas-bebasnya, semau kita kemana pun akan kita arahkan.

Tetapi perlu diingat bahwa kebebasan punya saudara kembar: tanggung jawab atau responsibility.  Kebebasan tanpa tanggung jawab adalah seperti ikan yang mau bebas dari air, bukannya hidup bebas tetapi malah mati.  Free kick, walaupun bebas, ia selalu terarah.  Jadi, free kick sebenarnya adalah directed kick; di mana seorang penendang harus membatasi dirinya, membuat fokus yang terarah pada gawang.  Sama sekali tidak bebas!

Apa bedanya dengan hidup ini?  Bukankah kita bebas melakukan apa pun yang kita mau?  Hanya saja di saat yang sama, ternyata kita tidak dapat bebas sebebas-bebasnya.  Kita tidak dapat bebas dari gravitasi, atau hukum alam yang telah ada sebelum manusia dicipta. Maka sebenarnya kebebasan kita adalah kebebasan untuk melakukan responsibility.

Terus terang saya tidak percaya adanya kebebasan murni.  Minimal kita dibatasi oleh hukum alam.  Kebebasan manusia hanya akan  membawa kepada kekacauan, sedangkan responsibility membuat hidup ini mengarah kepada arah yang kuat. Nah, di dalam mengerjakan responsibility, kadang kala mukjizat terjadi.

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.