Varian sepak bola yang satu ini sebenarnya telah dimainkan oleh banyak orang sejak awal 1900-an di berbagai negara dengan versi masing-masing.  Brazil menjadi negara pelopor penyempurnaan permainan ini, Beach Soccer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Beasal mulai sering dimainkan secara tidak resmi di Brazil atau lebih tepatnya di pantai Leme Rio de Janeiro. Pada tahun 1992 aturan permainan untuk Beach Soccer diresmikan oleh Beach Soccer Worldwide di Los Angeles USA, dan pada tahun 1993 dilakukan pertandingan resmi perdana yang berbentuk kompetisi antara empat negara yaitu USA, Brazil, Argentina, serta Italy yang dilakukan di pantai Miami Amerika.  Sejak saat itu Beach Soccer mulai tersebar ke seluruh dunia dan dilakukan berbagai kompetisi serta liga di berbagai negara.

beach soccer field fix

Lapangan

Seperti namanya, secara umum varian sepak bola ini dimainkan di pinggir pantai yang memiliki permukaan yang datar.  Pasir lapangan harus bebas dari batu atau kerikil, kayu, cangkang kerang, atau benda apa pun yang dapat melukai kaki pemain.  Untuk pertandingan internasional pasir yang digunakan adalah pasir halus dengan butiran kecil dan ditimbun setebal 40 cm. Adapun bentuk dan ukuran lapangan untuk sepak bola pantai adalah seperti gambar di atas.

aturan sepakbola pantai

Perlengkapan Permainan

Bola yang digunakan pada permainan sepak bola pantai adalah bola khusus yang terbuat dari bahan polyurethane (PU) lembut agar tidak melukai kaki pemain saat ditendang mengingat pemain tidak menggunakan sepatu saat bermain.  Diameter bola adalah 68 – 70 cm (bola no.5) tetapi lebih ringan dibandingkan dengan bola yang biasanya digunakan di permainan sepak bola asli.

Perlengkapan pribadi untuk sepak bola pantai sangat sederhana.  Seragam yang digunakan pemain adalah baju pantai tanpa lengan dengan celana pendek.  Seperti diberitahukan sebelumnya, pemain bermain tanpa alas kaki dan hanya menggunakan pelindung tulang kering serta pelindung engkel.

gabung soccer beach

Kemampuan yang Sering Digunakan

Mengingat permainan ini dimainkan di atas pasir dan akan sangat sulit untuk menggiring atau mengumpan bola menyusuri pasir, maka cara pemain memerlakukan bola di permainan ini cukup unik dan pemain dituntut untuk menguasai beberapa kemampuan yang sering digunakan yang antara lain adalah :

  1. Kemampuan pertama adalah kemampuan mencungkil, mengumpan dan mengontrol bola di udara, karena sangat sulit mengalirkan bola menyusuri pasir.
  2. Kemampuan mempertahankan bola di udara (juggling)
  3. Kemampuan untuk melakukan umpan atau tendangan parabola (volley)
  4. Kemampuan untuk melakukan umpan atau mengarahkan bola ke gawang dengan cara disundul
  5. Kemampuan melakukan akselerasi, stamina, dan keseimbangan, karena permainan ini dimainkan di atas pasir maka dibutuhkan ketiga kemampuan tersebut
  6. Kemampuan melakukan tendangan sepeda (bicycle kick) atau tendangan melampaui kepala (overhead kick), karena kedua tendangan ini sangat ampuh dan sering dipakai pemain sepak bola pantai untuk mencetak gol.
Eric-Cantona-during-a-Fre-001

Eric Cantona

Pemain Bintang

Pemain bintang yang terlibat dalam varian sepak bola yang satu ini juga cukup banyak, mulai dari Eric Cantona mantan bintang Manchester United, penyerang andalan Spanyol Michel & Julio salinas, serta legenda-legenda Brazil seperti Romario, Junior, dan Zico juga turut memainkan dan mempopulerkan permainan ini.

≡ Gambar dari berbagai sumber

 

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.