NIKE_5_Futsal_boots_wallpaper_1280x800

Futsal adalah jenis olahraga resmi FIFA untuk permainan 5 vs 5 di dalam ruangan. Olahraga ini pertama kali diciptakan di Uruguay dan kemudian disempurnakan di Brazil. Juan Carlos Cerianio seseorang yang bekerja di Uruguay’s Montevideo YMCA (Young Men’s Christian Association) adalah orang pertama yang berpikir sistematis tentang memainkan sepakbola pada lapangan basket. Pada tahun 1930 jenis olahraga ini mulai dikembangkan, akan tetapi jenis bola standar yang sering digunakan untuk lapangan besar terlalu besar ukurannya dan pantulannya juga terlalu keras untuk sebuah permainan yang dimainkan di lantai kayu yang keras. Untuk itu dibutuhkan modifikasi bola yang lebih kecil serta memiliki pantulan yang tidak terlalu keras guna menyempurnakan permainan ini.

Bola jenis baru diciptakan serta peraturan pertama untuk permainan ini dibuat di Brazil’s Sao Paulo YMCA in 1936, mereka kemudian memberi nama jenis olahraga ini Futebol de Salao (drawing-room soccer). Bola pertama didesain menggunakan material gabus, rambut kuda, serta debu gergaji, dan ukurannya pun dikecilkan. Di Brazil sendiri pertama kali olahraga ini disebut “permainan dengan bola yang berat” meskipun pada akhirnya mereka menyebutnya dengan FUTSAL atau singkatan dari Futebol de Salao.

Peraturan pertama yang dibuat di Brazil belum terlalu sempurna sehingga terus disempurnakan ketika jenis olahraga ini mulai menyebar ke benua lain. Pada tahun 1988 FIFA secara resmi menjadikan FUTSAL sebagai varian olahraga sepakbola dan menyempurnakan peraturan untuk permainan ini. Pada tahun 1989 FIFA FUTSAL WORLD CUP pertama kali digelar di Belanda dan pada waktu itu Brazil keluar sebagai juaranya. Sejak saat itu FIFA FUTSAL WORLD CUP dilaksanan setiap empat tahun sekali, dan sampai saat ini baru ada dua juara dunia yaitu Brazil (5 kali juara) dan Spanyol (2 kali juara).

futsal pitch

Peraturan:

1. Menggunakan bola nomor 4 (ukuran diameter antara 62-64 cm), memiliki berat antara 400-440 gr, dan memiliki tekanan udara sekitar 0,4-0,6 atm

2. Sepatu yang digunakan khusus dengan alas datar berupa karet atau meterial serupa bukan berupa pool

3. Bermain dengan 5 orang termasuk kiper

4. Tidak ada batasan untuk pergantian pemain

5. Ukuran lapangan standar adalah 42 X 25 meter, 10m diameter garis elips daerah kiper, serta 3m diameter lingkaran tengah

6. Ukuran gol yang kecil 3 x 2 m

7. Bola ditendang atau diumpan dari tengah untuk memulai permainan

8. Pengadil di lapangan terdiri dari satu orang wasit, satu orang asisten wasit, wasit ketiga dan peninjau waktu di sisi lapangan

9. Bermain menggunakan waktu 2 x 24 menit tanpa waktu tambahan

10. Diberikan 1 – 2 kali setiap babak untuk masing-masing tim melakukan time-out (rundingan)

11. Tidak ada offside

12. Ketika bola keluar garis samping gawang, kiper melakukan lemparan untuk melanjutkan permainan

13. Aturan 4 detik untuk meletakan bola kemudian segera menendang (bukan dilempar) ketika bola keluar garis sisi lapangan, ketika tendangan sudut, atau ketika tendangan bebas

14. Lima kali kesalahan (foul) terhadap tim lawan maka tim tersebut akan kena sanksi penalti

15. Tidak diperkenankan melakukan sliding tackles (tekel sambil menjatuhkan badan)

Keistimewaan varian sepakbola ini adalah setiap pemain akan sering menyentuh bola termasuk penjaga gawang karena jumlah pemain di lapangan hanya lima orang per tim. Permainan akan berlangsung dalam tempo cepat sehingga pemain dituntut untuk selalu berlari dan berpindah tempat. Teknik yang paling penting dalam permainan ini adalah teknik mengumpan dan mengontrol bola, disamping itu gerakan-gerakan khusus dan unik akan tercipta di varian sepakbola ini sehingga setiap tim dan setiap individu akan menunjukan permainan indah.

falcao

Pemain legendaris untuk varian sepakbola ini adalah FALCAO (Alessandro Rosa Vieria) yang berasal dari Brazil. Dia adalah guru dari Robinho dan teman dari Ronaldinho. Falcao adalah pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, selama 3 kali keikutsertaannya di FIFA Futsal World Cup dia telah mencetak hampir 200 gol untuk negaranya Brazil. Bahkan ketika Brazil mengalahkan Spanyol di Final Piala Dunia Futsal 2012, dia sempat menyumbang satu gol. Rata-rata pemain sepakbola profesional lapangan besar mengasah skill mengumpan, mengontrol dan bermain taktis lewat varian sepakbola yang satu ini, andreas iniesta, xavi, messi, ronaldo, van persie, boaz adalah sebagian pemain yang suka bermain futsal.

Di Indonesia sendiri varian sepakbola yang satu ini mulai berkembang sejak tahun 2000, dan saat ini telah tersedia lapangan futsal di semua provinsi di Indonesia. Liga profesional mulai digalakan dan Tim Nasional Indonesia juga telah mengikuti beberapa kejuaraan Futsal di tingkat Asia. Pada kenyataannya banyak sekali orang Indonesia yang suka bermain futsal saat ini dikarenakan ukuran lapangannya kecil, sewa lapangannya murah, dapat dilakukan di segala kondisi cuaca (dimainkan di dalam ruangan), serta juga dapat dimainkan siang dan malam hari.

 ≡ Gambar dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.