brazuca 1

Bola adalah bagian terpenting dalam sebuah ajang sepakbola tingkat dunia. Untuk itu biasanya sebuah bola akan dibuat dan dipersiapkan dengan sangat teliti jika ingin digunakan dalam pertandingan-pertandingan penting seperti dalam Piala Dunia. Bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2014 Brazil adalah Brazuca dan bola ini telah melalui berbagai macam tahapan uji desain, uji fisik, dan uji ketahanan.

Panel Pintar

Dari sisi kerangka panel Brazuca memperkenalkan teknologi panel pintar dengan bentuk yang anggun. Kerangka panel pintar ini terbentuk dari 6 buah interlocking panel yang diikat dengan cara dipanaskan dalam suhu tinggi. Dari luar dapat kita lihat bahwa bentuk brazuca adalah seperti bentuk puzzel 3D besar yang sangat menawan. Setelah dipanaskan dengan suhu tinggi, bagian sambungan antarpanel disambung dengan mesin untuk menghindari kesalahan seperti jika dilakukan dengan cara dijahit oleh manusia.

Tema Desain

Seperti namanya, inspirasi datang dari negara tuan rumah Brasil. Warna hijau kuning dari bendera negara, menjadi warna utama dari asesoris dan penunjang logo Piala Dunia 2014 pada brazuca. percikan berkelok-kelok warna oranye, hijau, dan biru melambangkan warna keberuntungan dan keinginan negara Brazil untuk sukses menyelenggarakan kegiatan ini. “Desainnya benar-benar menangkap emosi dan keinginan untuk sepak bola di Brasil,” kata Mecking staff Adidas yang memproduksi bola ini. Gambar bintang-bintang di bagian tengah percikan berkelok-kelok melambangkan Brazil sebagai salah satu negara sepakbola dan sebagai pemenang Piala Dunia multi-waktu.

brazuca 3

Pengujian FIFA

Tetapi bukan hanya sisi desain yang terpenting dari bola ini. Untuk layak menjadi bola Piala Dunia 2014, Brazuca harus dapat melewati beberapa jenis ujian yang salah satunya adalah ujian dari FIFA. Pengujian yang dilakukan antara lain uji ketahanan dan tekanan pada lapisan inti bola, uji kesempurnaan dan kekuatan ikatan antar kerangka panel, uji pantulan, uji kebulatan, uji penyerapan air, dan uji terhadap pergerakan di udara. Salah satu contoh pengujian adalah uji pantulan dengan menggunakan mesin penembak bola ke dinding sebanyak 2.000 kali kemudian diukur pantulan, daya tahan bola serta perubahan bentuk kebulatan bola. Untuk semua jenis uji ini Brazuca telah melewatinya dengan hasil yang sangat baik.

Pengujian oleh Adidas

Akan tetapi adidas sebagai produsen tidak puas dengan membuat Bracuza sebagai bola Piala Dunia hanya memenuhi persyaratan yang paling dasar FIFA. Adidas melakukan pengujian internal mereka sendiri yang lebih ketat, uji daya tahan Brazuca dilakukan dengan 3.500 kali tembakan ke dinding dan bagaimana Brazuca dapat memantul di kondisi -5C. Kemudian mereka melakukan uji penyerapan air yang terbukti bahwa dalam kondisi basah berat Brazuca hanya bertambah 0,2 persen, jauh lebih baik dari yang distandarkan FIFA yaitu 10 persen. Adidas bahkan menguji aerodinamika bola dalam terowongan angin yang melibatkan ahli dari badan antariksa Amerika atau yang sering kita kenal dengan sebutan NASA. Dan ternyata Brazuca cukup mampu menjawab semua tantangan tersebut. Untuk melihat bagaimana efek bola saat ditendang dan saat melayang, Adidas bahkan membuat kaki robot yang mampu menendang dengan akurasi 100%. Kemudian mereka merekam setiap tendangan yang dilakukan robot tersebut terhadap Brazuca sehingga dapat terlihat arahbola, lintasan bola, perputaran bola, serta kecepatan bola di udara.

brazuca 2

Pengujian oleh Pemain Sepakbola

Tentunya semua jenis pengujian tak akan lengkap tanpa pengujian yang dilakukan oleh temannya sang bola yaitu pemain sepakbola. Untuk itu adidas telah memberikan Brazuca untuk dicoba sekitar 600 pemain sepakbola di 10 negara. Disamping itu Brazuca telah dicoba di beberapa pertandingan internasional seperti Piala Dunia U-20 di Turki dan beberapa pertandingan lainnya. Tanggapan dari pemain yang merasakan Brazuka rata-rata positif dan menyambut baik penggunaan Brazuca sebagai bola Piala Dunia 2014 Brazil.

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.