Kemampuan passing sangat penting dalam permainan sepak bola, dengan teknik yang benar akan mengahasilkan permainan yang baik. Dalam posisi menyerang dan berada di daerah lawan, teknik pasiing yang benar sangat krusial. Seluruh pemain bertahan lawan akan berusaha menutup ruang gerak pemain dan bola. Mencari rekan setim yang tepat, mendapatkan ruang passing yang benar dan keputusan yang cepat harus dilakukan dalam posisi menyerang, passing beresiko harus dibuat supaya dapat melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan.

Untuk menciptakan sebuah passing yang baik perlu sebuah teknik yang benar juga, ada beberapa teknik passing dalam sepak bola antara lain:

 1. Inside of the foot or push pass

Cara paling effektif untuk menciptakan sebuah passing yang akurat adalah dengan menggunakan kaki bagian dalam. Passing dengan Inside foot digunakan untuk passing jarak pendek. Setiap pemain yang melakukan passing harus melakukan eye contact dengan rekan setim untuk menjaga akurasi dan koordinasi.

Pada passing dengan kaki bagian dalam,bagian engkel pada kaki yang digunakan untuk menendang bola harus terkunci dan kaki dipukulkan ke bola dengan tegas sehingga bola tidak terlalu pelan dan cepat, memperhatikan posisi bola dan posisi rekan setim yang akan di passing sangat penting, sehingga bola dapat menuju target dengan tepat.

Bagian bola yang ditendang adalah bagian tengah bola, jika bola dipukul pada bagian bawah maka bola akan melambung ke udara.

push pass drill

2. Outside of the foot.

Passing dengan kaki bagian luar di gunakan untuk passing jarak pendek, Passing ini kebanyakan digunakan sebagai umpan tipuan, sehingga pengumpan tidak perlu melihat ke target yang akan di umpan, pemain hanya ‘melirik’ dan menggunakan sedikit insting untuk melakukan umpan ini.

Umpan ini kebanyakan digunakan dalam 1-2 sentuhan. Kaki tumpuan harus berada agak jauh dari bola sehingga kaki yang akan digunakan untuk menendang dapat melakukan ayunan dan memukul bola dengan tepat.

passing drill 2

3. Instep drive

Untuk umpan jarak jauh, teknik yang digunakan adalah dengan instep drive. Posisi kaki tumpuan berada 6 inch di samping bola, dan kaki yang digunakan untuk menendang dapat memukul bagian tengah agak kebawah bola, sehingga bola dapat mencapai target yang berada pada titik jauh. Sebagai titik fokus, pemain harus memperhatikan titik bola. Pemain dapat memperhatikan posisi kedua tangan ketika melakukan umpan, tangan harus mengayun sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh pemain.

instep drive fix

4. Chip pass

Teknik chip pass merupakan teknik mengumpan dengan tujuan dapat mencapai titik umpan yang terhadang oleh lawan. Teknik ini dapat digunakan untuk umpan jarak pendek dan umpan jarak jauh, sedikitnya membutuhkan jarak 20 meter untuk mengumpan pada jarak pendek, sehingga bola dapat melewati lawan dengan baik. Kaki tumpuan harus berada dekat dengan bola, dan kaki yang digunakan untuk menendang menganyun kebelakang dan tepat memukul bagian bawah bola. Kekuatan engkel kaki sangat penting, Engkel dari kaki yang digunakan untuk menendang harus ‘rigid’ sehingga bola dapat dengan tegas menuju target, Untuk teknik chip jarak jauh, posisi kaki tumpuan dapat berada dekat dengan bola maupun sedikit dari bola. Titik fokus pemain adalah bola yang akan ditendang.

chips fin

Referensi:

1. LA84, 2012, “Foundation Soccer Coaching Manual”

2. MF, 2012, “Kurikulum Metafootbal 2012”

3. Timo Scheunemann (PSSI), 2012, “Kurikulum dan pedoman dasar sepak bola Indonesia

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.