Teknik mengumpan (passing) merupakan salah satu teknik yang sangat dasar dalam memainkan sepak bola.  Mengumpan dengan benar adalah kunci sebuah tim dalam mengusai permainan, sekitar 80% permainan sepak bola adalah memberi dan menerima umpan, ketidakmampuan pemain dalam memberikan dan menerima umpan yang benar tentu akan merusak permainan secara tim.  Umpan juga merupakan bagian penting dari kerjasama tim.  Tanpa komunikasi dan pengertian yang baik tentu akan sulit menghasilkan kualitas umpan yang baik.  Sebagian besar umpan dalam sepak bola dilakukan dengan jarak kurang dari 30 meter dan umpan mendatar menyusur tanah.

passing 0

Untuk para pelatih, ada beberapa poin fundamental yang harus diketahui dalam mengajarkan teknik mengumpan, diantaranya:

1. Jika seorang pemain belum dapat melakukan umpan dengan akurat tanpa adanya lawan, maka jangan dulu mengenalkan taktik menyerang

2. Jika seorang pemain belum dapat melakukan umpan dengan akurat pada jarak yang dekat, maka akan sulit seorang pemain melakukan umpan jarak jauh (Long Pass)

3. Jika seorang pemain belum dapat melakukan umpan dengan akurat pada bola mendatar, maka akan sulit bagi seorang pemain untuk melakukan umpan di udara

4. Umpan yang efektif adalah umpan yang dilakukan dengan mudah, cepat dan baik.  Pemain profesional akan dengan mudah melakukan cara ini, mereka akan selalu mencari rekan setim yang dengan mudah diberi umpan, sedangkan pemain amatir akan cenderung mencoba dan melakukan umpan yang sulit.

5. Waktu melakukan umpan hal penting yang perlu diperhatikan adalah aman dari jangkauan lawan dan mudah dilakukan sehingga rekan setim dapat menerima bola dengan baik.

6. Pemain yang menerima bola harus selalu berlari untuk medekat ke arah bola, jika seorang pemain menunggu bola akan sangat mudah pemain lawan untuk melakukan potongan (intercept)

7. Seorang pemain yang akan menerima bola harus pintar untuk menempatkan posisi, tidak terlalu dekat dengan lawan sehingga pemain yang akan melakukan umpan dapat dengan mudah melakukannya.

8. Seorang pemain harus mencoba untuk melakukan umpan kearah depan dan mendekati gawang lawan jika melihat celah pada pertahanan lawan.

Umpan yang baik sangat dipengaruhi oleh kemampuan pemain dalam mengambil keputusan.  Keputusan yang buruk dalam melakukan umpan akan memudahkan lawan untuk merebut bola.  Pemain harus dapat melihat posisi rekan pemain yang bebas, sehingga memudahkan dalam melakukan umpan, dan melakukan umpan dengan percaya diri dan tidak melakukan umpan yang berisiko sehingga dapat direbut oleh lawan.

Mengumpan kepada pemain yang berlari

Posisi pengumpan sangat menentukan apakah dia dapat memberikan bola kepada rekan setim yang sedang berlari pada ruang kosong. Pengumpan dapat memberikan bola pada satu titik yang jauh dari jangkauan pemain bertahan lawan, sehingga rekan setim dapat menerima bola dengan mudah.

passing 1r

passing 2r

(a) Posisi pemain lawan sangat dekat dengan titik menerima umpan sehingga sangat berisiko untuk lawan dapat melakukan intercept

(b) Posisi lawan jauh, dan pengumpan dapat melihat titik ruang kosong yang memungkinkan rekan satu tim berlari dan mendapatkan bola

 

Mengumpan kembali ke belakang

Salah satu kebiasaan buruk pemain amatir dalam bermain sepak bola adalah selalu memaksakan bola untuk mengarah ke depan, selalu berpikir bahwa bola harus sesegera mungkin berada di daerah pertahanan lawan.

Jika pemain tidak dapat memberikan umpan ke depan dan tidak dapat melakukan dribble, maka salah cara yang dapat dilakukan adalah mengarahkan bola kembali kebelakang tanpa memaksakan bola ke depan.

passing 3r

Prinsip dasar pada saat mengumpan di dalam area sendiri adalah memberi umpan dengan aman dan tidak berisiko.  Umpan yang diberikan harus dilakukan dengan akurat.  Kesalahan yang dilakukan dalam mengumpan pada daerah sendiri akan memudahkan lawan untuk membahayakan gawang sendiri dan akan berisiko untuk terciptanya gol.

Mengumpan Cepat (Quick Passes)

Quick Passes adalah salah satu cara yang dilakukan untuk dapat dengan mudah membongkar pertahanan lawan.  Hanya diperlukan satu sentuhan passing dan gerakan rekan setim untuk mencari posisi yang menguntungkan.  Umpan dilakukan dengan sangat cepat sehingga bola dapat menembus pertahanan lawan dan sampai di rekan satu tim yang berdiri di posisi menguntungkan.

 

Referensi:

1.      LA84, 2012, “Foundation Soccer Coaching Manual.

2.     MF, 2012, “Kurikulum Metafootbal 2012.”

3.     Timo Scheunemann (PSSI), 2012, “Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia.”

 

 

 

 

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.