Dalam setiap pertandingan yang dilaluinya penyerang Tim Nasional Garuda U-23 Yohanes Pahabol selalu tersenyum ceria. Banyak pendukung indonesia yang mencela perbuatan pahabol tersebut karena dinilai tidak fokus dan serius dalam bermain. Contohnya di setiap laga dan di laga pamungkas final Sea Games 2013 pemain yang satu ini selalu bermain sambil tersenyum. Bahkan Di kondisi kalah saat menghadapi Thailand di final Feri panggilan akrabnya tetap bermain di bawah tekanan sambil tersenyum. Pendukung Indonesia semakin mencela Feri saat peluang emasnya di depan gawang tidak dapat dimanfaatkan dan akhirnya Indonesia harus mengakui kekalahan atas Thailand untuk kesekian kalinya. Sebenarnya apa yang dilakukan Yohanes Pahabol yaitu selalu tersenyum adalah hal yang positif atau negatif? Apakah pemain sepakbola tidak boleh tersenyum saat melakoni sebuah laga penting?

smile pahabol

senyum ceria Yohanes Pahabol

Ternyata penelitian berpendapat lain, seorang pemain sepakbola yang bisa tersenyum saat melakoni laga penting akan berdampak sangat positif baik bagi dirinya ataupun bagi sekelilingnya. Kenapa bisa demikian?

1. Dengan tersenyum tingkat stres seorang pemain dapat berkurang

Pemain sepakbola pasti akan berhadapan dengan kondisi stres saat kalah atau saat tidak bisa mencetak gol, atau saat musuh terlihat sangat kuat, dan sebagainya. Di saat demikian seharusnya pemain belajar untuk menguasai kondisi dan menekan stres dan menurut penelitian cara yang terbaik salah satunya adalah dengan tersenyum. Dengan tersenyum pemain akan merasa lebih baik, dapat mengatasi lelah dan perasaan ‘down’ serta dapat kreatif untuk menentukan langkah dan strategi selanjutnya.

2. Dengan tersenyum sistem imun (sistem kekebalan) tubuh pemain dapat ditingkatkan

Ketika seorang pemain bermain sambil tersenyum maka hal tersebut dapat membantu kerja sistem imun tubuh untuk dapat bekerja dengan lebih baik. Fungsi imun tersebut akan membuat seorang pemain dapat bermain dengan lebih rileks.

3. Tersenyum memproduksi endorphins dan serotonin

Dengan tersenyum tubuh seorang pemain akan secara alami memproduksi endorphins dan serotonin. Endorphins dan serotonin adalah dua jenis zat yang merangsang saraf pusat agar lebih nyaman dan rileks, selain itu kedua zat ini adalah pereda rasa sakit alami yang dapat membuat pemain bermain tanpa khawatir yang berlebihan terhadap kondisi fisik mereka.

4. Tersenyum membuat seorang pemain terlihat sukses

Pemain yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri dalam segala kondisi, baik dia sedang berada di tim yang sedang kalah ataupun saat dia gagal dalam bermain indah dan mencetak gol. Saat seorang pemain tersenyum maka dengan mudahnya dia akan menjadi pusat perhatian dan mengundang banyak penilaian dari lawan-lawannya. Musuh akan bingung jika melihat seorang pemain masih dapat tersenyum di kondisi yang sedang parah.

5. Tersenyum dapat merangsang rekan satu tim untuk ceria & lebih bersemangat

Penelitian memaparkan bahwa ketika seorang pemain tersenyum maka senyum tersebut dapat membuat suasana terasa lebih cerah dan lebih ringan meskipun dalam pertandingan penting dan dalam kondisi ketertinggalan. Hal tersebut dapat menular kepada rekan satu tim, mengubah mood rekan satu tim menjadi lebih baik dan membuat semua orang di tim tersebut dapat bermain dengan penuh semangat dan ceria. Orang yang suka tersenyum akan menjadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi rekan-rekan satu tim yang mungkin berada dalam keadaan tertekan.

6. Tersenyum membuat seorang pemain tetap berada dalam kondisi posiitif

Cobalah untuk berpikir sesuatu yang paling sulit dalam bermain sepakbola, entah itu kesulitan untuk mencetak gol, kesulitan untuk mengalahkan musuh bebuyutan, atau kesulitan saat harus mengatasi kondisi fisik yang lemah! Sekarang cobalah berpikir semua hal tersebut sambil tersenyum! Nah berbeda khan rasanya…., senyum akan mengirimkan pesan kepada tubuh dan pikiran kita bahwa sebenarnya “kita lagi baik-baik saja” semua hal yang kita pikirkan adalah sebuah tantangan yang pasti memiliki jalan keluar. Penelitian membuktikan bahwa senyuman membuat seorang pemain tetap berada dalam kondisi positif dandengan tersenyum seorang pemain akan mudah menggapai jalan keluar apapun.

pahabol 1

Yohanes Pahabol bersama rekan-rekan Persipura

Penelitian membuktikan bahwa senyum ternyata berdampak positif bagi pikiran, tubuh, dan lingkungan maupun orang-orang di sekitar pemain tersebut. Yohanes Pahabol memberikan sebuah contoh positif dengan selalu tersenyum di setiap pertandingan yang dimainkannya. Bukan bermaksud untuk meremehkan pertandingan tersebut akan tetapi untuk selalu tampil tenang sambil bekerja keras, menguasai kondisi tanpa terintimidasi suasana kalah, dan memberi semangat pantang menyerah bagi rekan-rekan satu tim. Hal seperti ini yang sebenarnya harus dimiliki setiap pemain sepakbola di negeri ini. Gabungkanlah sikap suka tersenyum di lapangan dengan sikap fairplay (bermain adil) dan sikap respect (menghormati sesama manusia) maka siapapun dia akan benar-benar mengharumkan nama Indonesia di pentas sepakbola dunia. Ayo Indonesia bisa!

 

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.