2012-06-25_09_45_59

Seperti biasa, ketika hari Sabtu dan Minggu adalah waktu buat saya untuk mengajar sepak bola untuk anak-anak kelompok umur 4-6 tahun, 7-9 tahun dan 10-12 tahun, mereka secara rutin latihan dengan frekuensi waktu 1-1.5 jam.  Adrenalin selalu meningkat ketika melihat semangat mereka pada saat akan memulai latihan, mengambil bola, men-dribble bola, gocek kiri, gocek kanan dan menendang ke gawang merupakan aktivitas yang biasa mereka lakukan sebelum memulai latihan.

Latihan kali ini memang sengaja dipersiapkan untuk menghadapi mini turnamen yang diadakan pada level regional.  Seperti biasa latihan untuk kelompok umur tersebut selalu fokus pada latihan teknik dasar, dan sedikit taktik.  Teknik dan taktik dasar harus dapat dipahami dengan baik oleh pemain pada usia dini (level pemahaman disesuaikan dengan usia mereka).  Mereka harus mengetahui bagaimana mengumpan, melakukan dribble, shooting, bertahan dan menyerang yang benar.  Usia-usia tersebut adalah usia krusial dalam membina mereka menjadi pesepak bola yang handal.  Simulasi pertandingan merupakan saat yang paling ditunggu.  Tim A dan tim B sudah dibentuk dan mereka akan diadu dalam simulasi permainan.  Materi kedua tim sengaja dibentuk secara berimbang dengan tujuan untuk membangun semangat berkompetisi mereka.  Value yang selalu ditanamkan adalah tidak ada pemain yang lebih jago dari pemain lainnya, sehingga mereka dapat berlatih lebih sunguh-sungguh.

6ba8d9_f54b544078081eea7d988c22fcaad4df_jpg_srz_190_154_85_22_0_50_1_20_0Semangat mereka selalu membuat pertandingan berjalan sedikit “panas.”  Benturan sering terjadi antar pemain, ketika ada pelanggaran, pertandingan berhenti dan pemain yang melakukan pelanggaran wajib untuk mendatangi pemain yang terjatuh dan meminta maaf.  Nilai sportivitas sangat penting untuk pemain usia dini, mereka harus melihat bahwa pemain lawan sama berharganya dengan diri mereka sendiri.

Bagi saya pesepak bola kecil merupakan contoh yang paling orisinil ketika berbicara tentang sportivitas.    Buat mereka sepak bola adalah permainan yang menyenangkan dan semua orang di dalam lapangan merupakan sahabat yang menggairahkan.

Simulasi pertandingan selesai dan hasil akhir tentu bukan hal yang penting, mereka bisa mengerti cara bermain sepak bola dengan benar itu jauh lebih penting.  Pemahaman permainan sepak bola secara holistik adalah tujuan dalam sebuah pembinaan, bukan masalah hasil akhir maupun berapa banyak piala yang diraih.

Comments

comments

Tags

 

1 Comment

  1. Tedi says:

    Salam, kita dr tim sepak bola daerah, sdh 2,5 tahun ini berkecimpung di sepak bola amatir. Ada ratusan pemain yg sudah kt jumpai disini menrt kami mereka memilik potensi namun km kesulitan dr segi pembinaan dan pembiayaan. kmi tawarkan kepada arahbola untuk lakukan ekspansi industri sepak bolanya ke daerah kami. Trmksh, Tedi, Lahat, Sumatera Selatan link kami : http://blogusahaonlinelahat.wordpress.com

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.