poppy fin

Bunga Poppy di Ladang dan di Baju Pemain EPL

Para pencinta Liga Inggris pasti menyadari bahwa di setiap matchday English Premier League awal November pasti ada yang berbeda.  Ya, perbedaan tersebut adalah adanya simbol bunga berwarna merah baik di jersey para pemain maupun jas manajer klub-klub Liga Inggris. Apakah arti simbol bunga merah tersebut?

Bunga merah di jersey para pemain Liga Inggris tersebut dikenal dengan nama “Bunga poppy.”  Bunga Poppy merupakan bentuk penghormatan bagi para tentara Inggris yang gugur di Perang Dunia I.  Lalu kenapa bunga Poppy dijadikan lambang peringatan Remembrance Sunday? Ternyata bunga Poppy dipilih karena bunga ini tumbuh di sejumlah medan pertempuran pada Perang Dunia I.  Beberapa pertempuran berlangsung sangat sengit di Flanders dan Picardy (Belgia dan Prancis Utara) sampai-sampai tidak ada yang tersisa di tempat tersebut kecuali bunga Poppy.

Pada sekitar tahun 1915, seorang dokter berkebangsaan Kanada bernama John McCrae menuliskan sebuah puisi berjudul “In Flander Fields.” Puisi ini merupakan curahan hati McCrae selama ditugaskan di Eropa semasa Perang Dunia I.  Terinspirasi dari puisi McCrae tersebut, seorang guru besar Amerika Serikat bernama Moina Michael menjual bunga Poppy kepada rekan-rekannya untuk membantu keluarga para tentara yang gugur di medan perang.  Semenjak saat itu, bunga Poppy menjadi bagian tak terpisahkan dari acara peringatan Perang Dunia I.

flanders

 Untuk mengenang Perang Dunia I yang berakhir pada 11 November 1918, setiap Minggu kedua bulan November diperingati sebagai Remembrance Sunday di Britania Raya.  Bunga Poppy tersebut dijual baik asli maupun imitasi dan hasil penjualannya disumbangkan untuk veteran perang yang dikenal dengan nama British Legion.  Lambang bunga Poppy dipakai oleh para pemain Liga Inggris sebagai bentuk penghormatan kepada jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang tersebut.  Selain itu, ini juga merupakan bentuk pesan kepada seluruh dunia bahwa perang bukan merupakan jalan terbaik dalam menyelesaikan masalah.

Menggunakan momen sepak bola untuk mengenang jasa para pahlawan adalah salah satu langkah positif yang dilakukan Inggris.  Seperti kita ketahui bahwa sepak bola mempersatukan semua orang dari etnis, suku, bangsa apa pun tanpa ada diskriminasi.  Olah raga ini menjunjung tinggi rasa kepedulian (care) dan rasa saling menghormati (respect) antar semua orang di dalam dan di luar lapangan. Inggris menggunakan sepak bola untuk mengingatkan setiap warganya akan jasa-jasa para pahlawan mereka yang berjuang demi terciptanya kehormatan bangsa.  Bagaimana dengan Indonesia?  Mungkin dalam hal ini kita perlu melakukan hal yang sama dengan Inggris, yaitu menggunakan sepak bola untuk mengenang jasa para pahlawan, menegakkan kehormatan bangsa, dan membangkitkan nasionalisme Indonesia. Salah satu pengalaman paling fenomenal bagi saya adalah menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di Gelora Bung Karno bersama 80.000 rakyat Indonesia saat menonton TimNas Garuda bertanding, hal tersebut sangat menyentuh hati untuk terus berkarya bagi kemajuan Indonesia dalam segala bidang.  Maju terus Indonesia!!

 © Artikel dari tim arahbola : Angellina Handoko

≡ Gambar dari berbagai sumber

Comments

comments

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 




 

 
 
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.